Memanusiakan Manusia, ODGJ Dilatih Budidaya Ikan

Memanusiakan Manusia, ODGJ Dilatih Budidaya Ikan
DILATIH: Para ODGJ yang berada di Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) tengah berada di areal tambak ikan. Mereka dilatih untuk budidaya ikan patin. (FOTO: Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

cianjurekspres.net – Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODG) dilatih budidaya ikan patin oleh Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) di Jalan Raya Bandung, tepatnya di Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang.

Ketua YRPJ, Rukman Samsudin mengatakan, di masa sulit pandemi Covid-19, budidaya ikan patin merupakan salah satu solusi untuk menggali ekonomi.

“Kegiatan budidaya ikan patin ini dilakukan, semata-mata untuk menutupi kebutuhan dalam rangka memanusiakan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ),” kata dia kepada wartawan, Minggu (6/3/2022).

Baca Juga:Ridwan Kamil Hadiri Pembangunan Jembatan Swadaya oleh Alumni SMAN 5 BandungAntusiasme Pecinta Sepak Bola Dorong Kebangkitan UMKM Bali

Rukman mengungkapkan, dengan modal awal Rp20 juta, dan hasilnya pun dapat meraup keuntungan hingga 60 persen.

“Alhamdulilah dari modal 20 juta, 60 persen kita dapat, dan sekarang bertambah menjadi Rp27 juta. Dengan demikian bibitnya bertambah juga menjadi 20 ribu ekor. Adapun waktu masa panen itu 45 hari,” kata Rukman.

Dia mengungkapkan, di tengah ekonomi sedang terpuruk dan minimnya support serta kurangnya perhatian pemerintah, namun, hal itu tidak menyurutkan semangat.

“Tentunya tidak akan pernah menyurutkan kami dalam membantu program pemerintah yaitu memanusiakan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ),” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, jumlah ODGJ di YRPJ saat ini ada sebanyak 29 orang, dan sebagian sedang dalam masa pemulihan.

“Mereka selain korban pasung dan titipan keluarga ODGJ. Namun ada sebagian yang di ambil dari jalanan,” ungkap dia.

Dia berharap kepada pemerintah khususnya kepada bupati Cianjur, untuk dapat memberikan perhatian khusus kepada YRPJ. Karena Yayasan Rumah Pulih Jiwa, sejauh ini telah membantu program pemerintah dalam hal penanggulangan ODGJ.

Baca Juga:Menunggu JokerMakin Mudah Berinvestasi dengan BRIGHTS, Aplikasi Trading Online Terlengkap dari BRI Group

“Maka kami berharap kepada bupati Cianjur, untuk dapat memberikan bantuan untuk sarana kebutuhan, karena masih banyak fasilitas yang kami butuhkan dalam hal penanganan ODGJ,” harapnya. (dik/sri)

0 Komentar