BPBD Cianjur Catat 30 Kejadian Bencana Alam

Didominasi Longsor, Cianjur Dilanda 30 Kejadian Bencana Alam Selama Sebulan Terakhir
Tampak bencana tanah longsor.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, mencatat ada sekitar 30 bencana alam yang didominasi longsor terjadi selama satu bulan terakhir. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari kejadian bulan-bulan sebelumnya.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Labis Wibowo, mengatakan, banyaknya jumlah bencana alam disebabkan curah hujan yang tinggi terjadi di awal 2022 dibanding tahun 2021.

“Ada sekitar 30 kejadian bencana alam mulai dari jembatan ambruk, angin puting beliung. Namun yang paling banyak adalah longsor,” ujarnya, Senin (21/2).

Baca Juga:Penyaluran BPNT Tunai Dinilai Tak EfektifKopti Cianjur Minta Pemerintah Harus Bisa Antisipasi Kenaikan Harga Kedelai

Menurutnya, curah hujan tinggi diperkirakan akan terus terjadi selama beberapa pekan ke depan terutama wilayah Utara dan beberapa kecamatan yang ada di selatan.

“Yang diperkirakan curah hujan tinggi antara lain Cipanas dan sekitarnya. Sementara untuk selatan seperti Pasirkuda, Takokak, Sukanagara, Pagelaran, dan Cibinong,” kata dia.

Oleh karena itu sambung Rudi, pihaknya terus memberi arahan kepada semua anggota Retana maupun BPBD di setiap wilayah supaya intens melakukan komunikasi dan antisipasi bencana.

“Antisipasi penanganan sudah kita berikan pelatihan. Tapi yang paling penting koordinasi, minimal ketika mereka tidak mampu melakukan evakuasi tim dari Cianjur segera menurunkan bantuan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sejauh ini pihaknya masih fokus melakukan penanganan ambruknya jembatan penghubung antar kabupaten yang berada di Kecamatan Cibinong.

“Kalau jembatan sementara sudah dibuat tapi hanya bisa pejalan kaki. Makanya kita terus upayakan supaya jembatan permanen segera dibangun kembali,” kata dia.

“Kita juga minta supaya masyarakat selalu waspada dan diimbau untuk mengungsi jika tempat mereka tinggal dinilai tidak aman,” tambahnya. (mg1/sri)

0 Komentar