oleh

Ratusan Pegawai BRIN dan PT Mitra Natura Raya Kebun Raya Cibodas Disuntik Vaksin Booster

Cianjurekspres.net – Ratusan pegawai Badan Riset dan Inovasi Nasional di lingkungan Kebun Raya Cibodas dan PT Mitra Natura Raya selaku mitra pengelola Kebun Raya Cibodas, menerima suntikan vaksin Covid-19 ketiga atau booster, Kamis, (03/02).

Total terdapat sebanyak 111 pegawai yang divaksinasi dimana merupakan kolaborasi satuan tugas COVID-19 Kawasan Kebun Raya Cibodas BRIN bersama PT Mitra Natura Raya dengan mengundang tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Cipanas.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meminimalisir penularan Covid-19 yang sedang mengalami kenaikan.

Baca Juga: BRIN Selamatkan 22 Jenis Tanaman Langka Nusantara

Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas, Fitri Kurniawati, menjelaskan, bahwa dalam rangka mendukung program pemerintah dalam memutus rantai covid-19, serta menindaklanjuti himbauan dari BRIN pusat agar pegawai melakukan vaksinasi booster, maka Kebun Raya Cibodas membuat permohonan pengadaan kegiatan vaksinasi booster ke Puskesmas Cipanas.

“Semoga kegiatan ini menjadi jalan ikhtiar, untuk menjaga kondisi pegawai KRC agar tetap sehat dalam menghadapi masa pandemi yang belum berakhir dan meskipun vaksinasi booster sudah dilakukan, para pegawai harus tetap menjalankan protokol kesehatan di lingkungan kerja sesuai arahan pemerintah” imbuh Fitri melalui keterangan tertulisnya, Jumat (4/2/2022).

Sementara itu, General Manager PT Mitra Natura Raya untuk Kebun Raya Cibodas, Marga Anggrianto, menyampaikan, bahwa kesehatan dan keselamatan semua adalah yang utama.

Baca Juga: Izin Edar RT-LAMP Terbit, Detektor Covid-19 Hasil Riset BRIN

“Maka kami ingin siapapun yang berada di dalam lingkungan KRC berada dalam kondisi sehat agar bisa memberikan pelayanan prima kepada publik,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi Booster di lingkungan Kebun Raya Cibodas ini merupakan wujud sinergi nyata para pihak di lingkungan Kebun Raya Cibodas dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kami percaya bahwa untuk menghadapi pandemi ini selain mendukung arahan pemerintah dibutuhkan juga sinergi dan kolaborasi semua pihak, dan dalam hal ini seluruh pihak yang berada di KRC berkolaborasi menggelar vaksin booster,” paparnya.

Baca Juga: Kebun Raya Cibodas Rilis Koleksi Tanaman Handcrafted, Ini Harganya

Kepala Puskesmas Cipanas, Dewi Ratih, menjelaskan, bahwa jumlah peserta yang sudah divaksin booster berjumlah 111 orang dari jumlah seharusnya 140 orang. Namun sisanya ada penundaan karena dalam keadaan sakit dan tensi darah yang tinggi.

“Saya sangat berterimakasih karena Kebun Raya Cibodas – BRIN dan PT Mitra Natura Raya sudah mempercayakan kepada kami untuk kegiatan vaksinasi lanjutan ini, hal ini berarti Kebun Raya Cibodas – BRIN dan PT Mitra Natura Raya sudah melaksanakan anjuran pemerintah, dengan tujuan untuk kesehatan diri sendiri utamanya dan juga untuk kesehatan lingkungan,” ungkap Dewi.

Dewi Ratih, menjelaskan, bahwa dengan pelaksanaan vaksin booster, bukan berarti akan terhindar dari Covid-19.

“Hanya saja vaksin merupakan upaya untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh, karena apabila imun sudah kebal dan kuat secara masal, maka saat terpapar Covid-19 gejala yang ditimbulkan tidak akan terlalu parah. Mengingat saat ini sudah muncul varian baru (omicron) dan di wilayah Jawa Barat sendiri jumlah yang terpaparnya mulai meningkat,” ucapnya.

Baca Juga: Pengunjung Kebun Raya Cibodas Cianjur Wajib Tunjukkan Bukti Sudah Divaksin

Sedangkan, Mahmudin, perwakilan dari pegawai Badan Riset dan Inovasi, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena pegawai BRIN di lingkungan Kebun Raya Cibodas sudah difasilitasi untuk vaksin lanjutan ini.

Dirinya mengatakan, hal ini mempermudah pegawai sehingga tidak perlu pergi mengantri ke puskemas atau faskes terdekat.

“Pelaksanaannya pun berjalan lancar tanpa ada kendala meskipun ada beberapa teman pegawai yang harus tertunda pelaksanaannya, hal tersebut dikarenakan pada saat pelaksanaan tensi darahnya tinggi,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan vaksin lanjutan ini, kekebalan daya tahan tubuh semua pegawai meningkat sehingga dapat terhindar dari Covid-19,” sambung Mahmudin.

Mahmudin menegaskan, bahwa seluruh pegawai BRIN di lingkungan Kebun Raya Cibodas pada umumnya sudah memiliki kesadaran akan pentingnya pelaksanaan vaksin baik untuk kesehatan diri sendiri maupun untuk lingkungan, sehingga ada kemauan untuk melaksanakannya.

“Apalagi Kebun Raya Cibodas merupakan tempat kerja yang sering berhadapan dengan publik. Harapannya setiap pegawai tetap menjaga dan menerapkan prokes yang sudah dianjurkan oleh pemerintah,” tanfdasnya.(*/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.