Kolaborasi Jabar-BNPT Siapkan Konsep Pentaheliks

Ridwan Kamil Kaget Bupati Bogor Ade Yasin Terjaring OTT KPK
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(istimewa)
0 Komentar

Sementara itu, Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengatakan, kedatangannya ke Jabar untuk bersilaturahim kebangsaan dengan kepala daerah terkait penanganan isu radikalisme dan terorisme.

“Hari ini kita bisa silaturahmi kebangsaan dengan gubernur Jawa Barat. Intinya, kita ingin meningkatkan ikhtiar merawat kebinekaan untuk mencegah intoleransi, radikalisme dan terorisme. Kita tentu tidak ingin adanya ideologi yang berbasis kekerasan,” ungkap Boy Rafli.

Menurutnya, ideologi terorisme merupakan suatu paham yang menganut kekerasan sebagai tindakan benar. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tetap teguh pada nilai luhur bangsa, khususnya Pancasila.

Baca Juga:Izin Edar RT-LAMP Terbit, Detektor Covid-19 Hasil Riset BRINBelasan Warga Desa Cibadak Cibeber Terjangkit Cikungunya

“Ideologi terorisme itu adalah ideologi yang berbasis kekerasan, yang akhirnya memapar  masyarakat kita. Diharapkan masyarakat tetap teguh menjaga nilai luhur bangsa kita,” imbuhnya.

Boy Rafli menegaskan, bahwa ideologi negara Pancasila perlu terus dijaga dengan kolaborasi antar pemerintah pusat dengan daerah. Dengan demikian potensi yang bertentangan dengan ideologi negara dapat terkikis.

“Kita telah memiliki ideologi negara Pancasila  yang tentunya perlu kolaborasi dan ikhtiar bersama agar segala potensi berkembangnya ideologi yang bertentangan dengan ideologi negara bisa dieliminasi,” ujarnya.

Boy Rafli menuturkan, diskusi yang dilakukan dengan gubernur Jawa Barat dan jajarannya ini juga terkait dengan program kontra radikalisasi karena salah satu lokasi kawasan terpadu nusantara yang diusun ada di wilayah Jabar, terutama di wilayah Kabupaten Garut.

“Kita juga mengembangkan narasi-narasi dalam rangka kontra propaganda jaringan teroris yang menyampaikan pesan ke Indonesia,” ungkapnya. (rls/nik)

0 Komentar