Izin Edar RT-LAMP Terbit, Detektor Covid-19 Hasil Riset BRIN

Izin Edar RT-LAMP Terbit, Detektor Covid-19 Hasil Riset BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengungkapkan izin edar RT-LAMP detektor Covid-19 tanpa alat PCR telah terbit.(foto/Humas BRIN)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengungkapkan izin edar RT-LAMP detektor Covid-19 tanpa alat PCR telah terbit dan memiliki Nomor Izin Edar Alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI, yakni Kemenkes RI AKD 2030322XXXX. Izin edar produk dengan merek dagang Qi-LAMP-O ini berlaku sampai dengan Januari 2027.

“Dengan diterbitkannya izin edar reguler untuk RT-LAMP hasil riset BRIN, maka kita memiliki alternatif baru untuk mendeteksi Covid-19. Apalagi di beberapa negara seperti Belanda dan Spanyol juga telah menetapkan RT-LAMP sebagai salah satu metode setara RT-PCR yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19,” ujar Peneliti Kimia BRIN, Tjandrawati Mozef dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (12/1/2022).

“Keunggulan RT-LAMP dibandingkan dengan RT-PCR ini selain tidak memerlukan alat deteksi PCR yang mahal, harga kit-nya pun lebih murah,” tambahnya.

Baca Juga:Belasan Warga Desa Cibadak Cibeber Terjangkit CikungunyaDishub Cianjur akan Pasang Rambu Batas Kecepatan di Jalan Siti Jenab

Tjandrawati menyampaikan, bahwa pada awal pandemi Covid-19, dirinya beserta tim berinisiatif untuk mengembangkan sistem alternatif untuk melakukan skrining dan deteksi RNA virus SARS-Cov-2.

“Pada saat itu, kebutuhan untuk mendeteksi virus adalah dengan menggunakan PCR. Sementara alat PCR yang ada di Indonesia sangat terbatas dan hanya terdapat di laboratorium besar. Selain itu, reagen yang digunakan untuk uji PCR merupakan impor,” jelasnya.

“Hingga saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir, varian-varian baru bermunculan, sehingga memotivasi kami dari BRIN untuk terus melakukan riset, berkontribusi dalam pengendalian pandemi, dan mendukung program Pemerintah 3T (tracing, testing dan treatment),” kata Tjandrawati.

Guna meningkatkan kemampuan testing, dia dan timnya mengusulkan inovasi baru, yaitu metode RT LAMP yang mampu mendeteksi secara spesifik material genetik dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Produk inovasi RT-LAMP ini menggunakan sampel ekstrak RNA hasil swab hidung yang dapat dideteksi secara kualitatif dengan melihat adanya presipitasi dengan akurasi yang baik. Selain itu, dikatakannya, RT-LAMP bisa juga menggunakan alat real-time turbidimeter hasil inovasi riset BRIN, tim peneliti dari Pusat Riset Fisika (Dr. Agus Sukarto Wismogroho) yang sudah didaftarkan patennya.

0 Komentar