Izin Edar RT-LAMP Terbit, Detektor Covid-19 Hasil Riset BRIN

Izin Edar RT-LAMP Terbit, Detektor Covid-19 Hasil Riset BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengungkapkan izin edar RT-LAMP detektor Covid-19 tanpa alat PCR telah terbit.(foto/Humas BRIN)
0 Komentar

“Akurasinya dapat ditingkatkan setara dengan sistem RT-PCR dan reaksi amplifikasi dapat dipantau secara real-time,” ujarnya.

Dirinya berharap, RT-LAMP BRIN mampu bersaing dengan keunggulannya. “Keunggulan produk ini adalah tidak memerlukan alat thermocycler, cepat, dan akurat,” kata Tjandrawati.

Dirinya mengatakan, produk inovasi BRIN ini dapat diaplikasikan di masyarakat dengan jangkauan lebih luas, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam hal peningkatan kapasitas testing secara nasional. “Selain itu hasil deteksi Covid-19 dengan RT-LAMP diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dokumen persyaratan perjalanan,” papar Tjandrawati.

Baca Juga:Belasan Warga Desa Cibadak Cibeber Terjangkit CikungunyaDishub Cianjur akan Pasang Rambu Batas Kecepatan di Jalan Siti Jenab

RT-LAMP BRIN juga sedang dikembangkan untuk dapat menggunakan sampel saliva. Metode ini diklaim memiliki hasil yang sangat menjanjikan. Saat ini statusnya sedang diproses untuk pengajuan izin edar. “Secara in silico, RT-LAMP telah diuji spesifisitasnya terhadap varian-varian SARS-CoV-2, termasuk varian Delta dan Omicron, dengan hasil mampu mendeteksi varian-varian tersebut,” tandas Tjandrawati.(rls/hyt)

0 Komentar