oleh

Program ‘Sejuta Curug’ Cianjur Didukung Pemprov

Cianjurekspres.net – Pemerintah Kabupaten Cianjur mengklaim telah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan wisata air terjun atau curug dengan program ‘Sejuta Curug’ guna menarik pengunjung serta pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, untuk pengembangan wisata ‘Sejuta Curug’ di Cianjur, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, telah memberikan dukungan penuh. Sehingga pihaknya telah mempersiapkan berbagai program, termasuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang terutama infrastruktur.

Baca Juga: Tadi Malam, Sebuah Ruko Grosir Makanan di Maleber Karangtengah Terbakar

“Bahkan kita memiliki air terjun terbanyak di Jabar, sebut satu Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda, Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran, Curug Cikondang di Kecamatan Campaka dan puluhan curug lainnya di hampir sebagian besar wilayah Cianjur,” ujarnya, Kamis (6/1).

Menurutnya, seiring tercapainya vaksinasi 70 persen di Cianjur, pihaknya akan mulai fokus pemulihan ekonomi terutama mengembangkan obyek wisata baru salah satunya air terjun yang banyak tercatat di Cianjur.

Baca Juga: Jalur Kereta Cibatu-Garut Sudah 100 Persen, Ridwan Kamil: Harap Segera Operasikan

“Selama pandemi dan setelah kelonggaran yang diberikan bagi wilayah tertentu, membuat angka kunjungan ke wisata alam terus meningkat, sehingga perekonomian warga sekitar kembali hidup. Terdorong dari banyaknya wisata alam air terjun di Cianjur, membuat kami memfokuskan pengembangan dan penataan,” ucap Herman.

Sementara itu, Ketua Kompepar Curug Ngebul, Yuce, mengungkapkan, penataan dan pengembangan yang akan dilakukan pemerintah daerah, tetap menerapkan kearifan lokal. Terutama terkait pengelolaan yang selama ini, lebih banyak dilakukan secara mandiri.

Baca Juga: Bibit Sayuran dan Pupuk Naik, Petani di Cianjur Minta Pemerintah Cek ke Lapangan

“Kami siap untuk pengembangan, namun untuk pengelolaan yang sudah berjalan tetap diserahkan pada kami, karena selama ini, kami mengembangkan dan membenahi curug yang ada secara mandiri. Kalau memang ada bantuan, sifatnya perbaikan jalan dan membantu pembangunan sarana dan prasarana penunjang,” tandasnya.(mg1/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *