Program ‘Sejuta Curug’ Cianjur Didukung Pemprov

Program 'Sejuta Curug' Cianjur Didukung Pemprov
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Kabupaten Cianjur mengklaim telah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan wisata air terjun atau curug dengan program ‘Sejuta Curug’ guna menarik pengunjung serta pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, untuk pengembangan wisata ‘Sejuta Curug’ di Cianjur, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, telah memberikan dukungan penuh. Sehingga pihaknya telah mempersiapkan berbagai program, termasuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang terutama infrastruktur.

“Bahkan kita memiliki air terjun terbanyak di Jabar, sebut satu Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda, Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran, Curug Cikondang di Kecamatan Campaka dan puluhan curug lainnya di hampir sebagian besar wilayah Cianjur,” ujarnya, Kamis (6/1).

Baca Juga:Film Dear Nathan Thank You Salma Angkat Isu Pelecehan Seksual di Lingkungan KampusBulu Mata Warna Putih Diprediksi Akan Menjadi Tren Makeup 2022

Menurutnya, seiring tercapainya vaksinasi 70 persen di Cianjur, pihaknya akan mulai fokus pemulihan ekonomi terutama mengembangkan obyek wisata baru salah satunya air terjun yang banyak tercatat di Cianjur.

“Selama pandemi dan setelah kelonggaran yang diberikan bagi wilayah tertentu, membuat angka kunjungan ke wisata alam terus meningkat, sehingga perekonomian warga sekitar kembali hidup. Terdorong dari banyaknya wisata alam air terjun di Cianjur, membuat kami memfokuskan pengembangan dan penataan,” ucap Herman.

Sementara itu, Ketua Kompepar Curug Ngebul, Yuce, mengungkapkan, penataan dan pengembangan yang akan dilakukan pemerintah daerah, tetap menerapkan kearifan lokal. Terutama terkait pengelolaan yang selama ini, lebih banyak dilakukan secara mandiri.

“Kami siap untuk pengembangan, namun untuk pengelolaan yang sudah berjalan tetap diserahkan pada kami, karena selama ini, kami mengembangkan dan membenahi curug yang ada secara mandiri. Kalau memang ada bantuan, sifatnya perbaikan jalan dan membantu pembangunan sarana dan prasarana penunjang,” tandasnya.(mg1/hyt)

0 Komentar