Pemkab Cianjur akan Pulihkan Pelestarian Kampung Adat Miduana

Pemkab Cianjur akan Pulihkan Pelestarian Kampung Adat Miduana
KAMPUNG ADAT: Warga Kampung Adat Miduana di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, yang masih mempertahankan tradisi leluhur. Pemkab akan membantu pemulihan, pelestarian hingga pengembangan.
0 Komentar

Mereka juga memiliki kecenderungan yang tinggi tentang kesenian layaknya kesenian umum masyarakat sunda seperti wayang golek, calung, rengkong dan lain-lain.

“Di Miduana juga ada kesenian wayang, tapi namanya Wayang Gejlig, kesenian tarian dengan sebutan Nayuban dan kesenian ketangkasan di atas tali biasa disebut Lais. Kami akan paparkan nanti setelah revitalisasi dilakukan, intinya masyarakat adat sudah menyatakan kesiapan,” jelas dia.

Ketua Karang Taruna Jiwa Sadana-Miduana, Muhamad Alwi, mengatakan, hingga saat ini, warga di kampung, masih berpegang teguh pada adat istiadat dan tradisi leluhur kesundaan, termasuk dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan saat melakukan aktifitas perekonomian.

Baca Juga:Aksi Heroik Polisi Bantu Ibu Hamil yang Kontraksi Saat Terjebak Kemacetan di PuncakPemdes dan Warga Gelarpawitan Cidaun Bangun Jembatan Darurat

Namun seiring kemajuan zaman, regenerasi tidak berjalan maksimal, sehingga hanya tetua adat dan orang tua yang masih menjalankan kebiasaan tersebut. Bahkan rumah adat yang terdiri dari 99 rumah atau suhunan, hanya tersisa beberapa rumah saja.

“Tentunya kami menyambut baik dengan rencana pemerintah untuk merevitalisasi kampung ini, kembali ke semula, dimana terdapat 99 suhunan dan diisi secara turun temurun. Untuk kehidupan saat ini, kami seperti biasa bersosialiasi dengan warga luar dan mengikuti perkembangan zaman,” ungkap dia. (mg1/sri)

0 Komentar