Petugas Gabungan Bersihkan Eceng Gondok di Waduk Cirata

Petugas Gabungan Bersihkan Eceng Gondok di Waduk Cirata
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Hamparan tanaman gulma eceng gondok seluas 300 hektar di atas permukaan air Waduk Cirata, Jangari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur mulai dibersihkan, kemarin (27/10/2021).

Petugas gabungan dari Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 12, PT Pembangkitan Jawa-Bali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP dan Gabungan Pembudidaya Ikan Keramba Jaring Apung (KJA) turun tangan.

Komandan Sektor (Dansektor) 12 Satgas Citarum Harum, Kolonel CZI, Suyatrinu Wardedi mengungkapkan, berdasarkan hasil pantauan dari udara hamparan tanaman gulma eceng gondok sudah mencapai 300 hektar di atas permukaan air.

Baca Juga:Aneh! Pemkab Cianjur tak Tahu Bangunan SMAN 2 Masuk Cagar BudayaPemprov Jabar Beri Bonus Atlet Peraih Medali PON Papua dan Paralympic Tokyo

“Selain mengganggu aktivitas warga baik itu pedagang dan juga nahkoda perahu mesin, juga sangat berdampak pada perkembangan ikan,” ujarnya.

Wardedi, menegaskan, keberadaan gulma eceng gondok tersebut juga berpengaruh terhadap kebutuhan air untuk pembangkit listrik di Cirata.

“Tentunya turbin pengendali air pun nantinya akan terhambat. Jadi saya harap semua elemen masyarakat agar ikut andil dan terus sama-sama berupaya untuk mengendalikan eceng gondok tersebut,” jelasnya.

Sedangkan Asisten Daerah (Asda) II Pemkab Cianjur, Budhi Rahayu Toyib, mengatakan, kegiatan bersih-bersih gulma eceng gondok ini akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Kalau dibiarkan, tentunya akan sangat berdampak pada perkembangan ikan bagi para pembudidaya ikan di keramba jaring apung,” jelasnya.

Sementara itu, para petani ikan dan warga Desa Cikidangbayang, Kecamatan Mande, menyayangkan tidak hadirnya Bupati Cianjur, Herman Suherman di kegiatan pembersihan eceng gondok di Waduk Cirata, Jangari, kemarin (27/10). Padahal sejak pagi warga sudah bersiap menyambut orang nomor satu di Cianjur tersebut.

Informasi yang dihimpun, sedianya dalam undangan yang diterima para petani ikan dan warga Desa Cikidangbayang, Bupati akan datang dan meninjau langsung pembersihan gulma eceng gondok.

Baca Juga:Pemprov Jabar Pastikan Kontingen Peparnas Jabar Dapat Fasilitas BaikUcapan Terima Kasih Atlet PON Jabar kepada Pemda Provinsi

Ketua Paguyuban Warga Cikidangbayabang Coklat, Adam Buchori Muslim, mengatakan, warga sudah bersiap sejak malam hari, bahkan beberapa di antaranya turut menjaga keberadaan lima alat berat yang tiba pada malam hari.

0 Komentar