oleh

Uu Minta Media Edukasi dan Sosialisasi Program Pemerintah

Cianjurekspres.net – Media memiliki peran penting dalam mengedukasi dan menyosialisasikan program pemerintah yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Akurasi data dan indenpendensi diperlukan agar masyarakat tercerahkan dengan informasi yang benar.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Menurut Uu, di era digital keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah kerap diukur dari di media sosial. Padahal opini yang muncul di media sosial belum tentu menggambarkan realitas sebenarnya.

Maka dari itu kehadiran media arus utama yang setia pada akurasi, indenpendensi, dan etika pers saat ini sangat dibutuhkan pemerintah sebagai penyimbang informasi yang beredar di media sosial yang relatif sulit dijadikan referensi valid.

“Kami yakin Tribun adalah media luar biasa, kokoh, tangguh dan sudah menasional sehingga independensinya dipercayai oleh masyarakat,” ujar Uu dalam keterngan tertulisnya, Sabtu (9/10/2021).

Kepercayaan publik, kata Uu, dibentuk dari performa media dalam membeberkan fakta kepada masyarakat secara akurat, informatif, dan dapat dipertanggungjawabkan. Media diharapkan menjadi pemersatu dan bukan pemecah bangsa.

Harus diakui penetrasi media saat ini semakin kuat di masyarakat seiring pertumbuhan media digital. Semua lapisan masyarakat kini semakin terliterasi dengan berbagai informasi.

“Kalau dulu orang butuh media hanya kalangan-kalangan tertentu yaitu pengusaha atau para pejabat. Hari ini media dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk milenial,” sebutnya.

Maka dari itu kemitraan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan media adalah sebuah keniscayaan. Hubungan saling membutuhkan dan menguntungkan diharapkan senantiasa dapat berjalan baik dengan dinamikanya sendiri.

“Kami butuh media karena sekali pun kami mempunyai kewenangan sebagai pemerintah tetap kami memiliki keterbatasan pandangan, penglihatan,” ungkapnya.

Pada tahap ini, kata Uu, media berperan menyebarluaskan informasi dan sosialisai program Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke masyarakat.

“Itulah fungsinya media. Sehingga program-program kami bisa sampai pada masyarakat lewat media. Keinginan harapan masyarakat pun bisa sampai pada kami selaku pemerintah dengan media,” imbuhnya.

Terakhir, Uu berharap media proporsional menyampaikan informasi baik yang sifatnya positif maupun negatif kepada masyarakat sesuai etika jurnalistik.

“Sehingga masyarakat tetap aman, damai, dan kondusif,” tutupnya. (rls/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *