WJIM 2021: Bank Indonesia Berikan Dukungan Penuh untuk Ekonomi Unggulan di Jabar Melalui Transformasi Digital

WJIM 2021: Bank Indonesia Berikan Dukungan Penuh untuk Ekonomi Unggulan di Jabar Melalui Transformasi Digital
0 Komentar

Hal ini menjadi potensi yang dapat dikembangkan, termasuk menjadi peluang bagi perbankan nasional untuk mengambil peran dukungan pembiayaan. Urgensi pembiayaan juga menjadi hal penting, pendekatan dan skema pembiayaan perlu menjadi perhatian perbankan dan lembaga keuangan, dengan memanfaatkan peluang pengembangan industri ke depan.

Sebagai wujud nyata dukungan terhadap sektor industri pengolahan, khususnya peguatan supply chain industri tekstil sebagai produk unggulan Jawa Barat, dalam rangkaian WJIM 2021 dilakukan peresmian ‘Material Center Jawa Barat’.

Kehadiran ‘Material Center Jawa Barat’ yang digagas oleh Pemprov Jawa Barat melalui Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED) Sub Divisi Manufaktur, Tenaga Kerja dan Luar Negeri dan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) serta didukung penuh oleh BI dan OJK Jawa Barat, diharapkan memberikan kemudahan akses bahan baku dan efisiensi jalur distribusi antara industri besar dengan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di sektor industri tekstil.

Baca Juga:Jabar Bangun Pusat Bahan Baku bagi Industri Kecil UMKMPeringati Hari Jantung Sedunia, RSUD Al-Ihsan Buka Telekonsultasi untuk Dokter dan Nakes

Peresmian dilakukan secara bersamaan oleh Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Herawanto, Kepala OJK Jawa Barat, Indarto Budiwitono dan Pemprov Jabar yang diwakili oleh Kepala Dinas Industri dan Perdagangan, Arifin Soedjayana.

Sementara itu, dukungan kepada sektor industri pengolahan dari aspek pembiayaan, dalam rangkaian acara dilakukan penandatangan akad pembiayaan investasi untuk mendukung digitalisasi. Pembiayaan senilai total Rp12 miliar diberikan oleh Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BSI, BCA dan Bank bjb kepada 14 (empat belas) pelaku industri yang akan melakukan investasi untuk mendukung digitalisasi usahanya. Untuk semakin membuka akses pembiayaan dan peluang pengembanganan usaha, rangkaian WJIM 2021 juga dilengkapi dengan business matching pelaku industri dengan perbankan.

Tidak hanya dari aspek ekonomi, untuk semakin baik dalam pengelolaan kesehatan masyarakat sebagai salah satu prasyarat akan keberlangsungan, keberlanjutan dari pertumbuhan perekonomian Jawa Barat, yaitu dengan membangun herd immunity masyarakat, termasuk tentunya keluarga besar pelaku industri dan perdagangan, dalam rangkaian WJIM 2021 juga dilakukan simbolis pemberian vaksinasi kepada sektor industri dan perdagangan.

Bantuan vaksinasi ini merupakan bentuk kontribusi Bank Indonesia dan OJK kepada warga Jawa Barat dengan total vaksin yang diberikan sebanyak 59.620 dosis untuk dialokasikan kepada Industri dan pusat perdagangan, baik mall maupun pasar rakyat, di 21 kabupaten/kota di Jawa Barat, sekaligus sebagai rangkaian ‘Gebyar Vaksinasi Jawa Barat’ untuk menuju 37 juta warga Jawa Barat tervaksin hingga Desember 2021.

0 Komentar