oleh

Dishub Cianjur Dibuat Kesal, Kabel PJU Baru Dipasang Sudah Ada yang Hilang

Cianjurekspres.net – Aksi pencurian kabel lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Cianjur tengah marak terjadi. Akibat aksi pencurian tersebut sejumlah lampu PJU di sejumlah ruas jalan utama dan dalam kota Cianjur padam.

Kepala Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Nurman Maksum Ishak mengatakan aksi pencurian kabel lampu PJU itu terjadi di sejumlah ruas jalan.

“Di antaranya Jalan Pangeran Hidayatullah, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Jalan Raya Bandung (Sabandar), Jalan Raya Cianjur-Pacet, dan Jalan HOS Cokroaminoto,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Nurman mengungkapkan, dalam menjalankan aksinya para terduga pelaku mencuri dengan cara menggali kabel lampu PJU yang tertanam di ruas-ruas jalan tersebut. “Ratusan meter kabel lampu PJU berhasil dicuri, para pelaku menggali kabel yang tertanam di jalan utama dan dalam kota Cianjur,” kata dia.

Nurman menyebutkan, jajarannya tengah melakukan penyelidikan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. “Patroli di jam-jam rawan kita gencarkan, termasuk berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk melakukan penyelidikan aksi pencurian tersebut dan menghitung kerugian materiil,” kata dia.

Nurman meminta masyarakat agar ikut terlibat dalam menjaga fasilitas umum untuk kenyamanan dan keamanan. “Laporkan jika melihat ada aktivitas yang dinilai melanggar atau berpotensi terjadinya aksi pencurian,” ucap Nurman.

Ditambahkan Nurman, jajarannya juga tengah melakukan perbaikan di sejumlah titik agar lampu PJU kembali menyala. “Sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dan pengguna jalan,” tutupnya.

Secara terpisah Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Cianjur Joni mengatakan, pencurian kabel yang terjadi disejumlah tempat tersebut tidak hanya sekali. Begitu diperbaiki dan kembali dipasang kabel. lagi-lagi kembali di curi.

“Kesal juga kita, baru saja kita ganti kabelnya dengan yang baru, beberapa hari kemudian sudah ada yang mencuri lagi,” kata Joni saat dihubungi terpisah.

Untuk mengantisipasi terjadi aksi pencurian kabel PJU pihaknya berencana akan memasang CCTV disejumlah titik yang dianggapnya rawan. “Kedepan kita upayakan adanya CCTV, selain kita juga meminta masyarakat untuk saling menjaga dan merawat,” tegasnya. (job3/sri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *