Uu: Pop Sunda Penghubung Budaya Jabar

Uu: Pop Sunda Penghubung Budaya Jabar
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik Festival Lagu Pop Sunda Virtual yang diselenggarakan Badan Penghubung Jabar.

“Saya mengapresiasi kegiatan kesenian Sunda khususnya musik pop sunda khas Jawa Barat,” ujar Uu Ruzhanul.

Menurutnya, seni suara yang indah apalagi dengan corak budaya yang khas merupakan potensi Jabar yang perlu dilestarikan. Budaya pop dalam tradisi sunda juga diharapkan bisa mempopulerkan bahasa daerah ke generasi muda.

Baca Juga:Kelola Kotoran Jadi Pakan Ternak dan PupukBeri Kemudahan Untuk UMKM, Kemenhub dan BRI Integrasikan Sitolaut Dengan Layanan Digital Banking

Pun nilai-nilai budaya sunda yang luhur yang terkandung dalam setiap lagu, juga dapat diserap oleh masyarakat.

“Mudah- mudahan dengan adanya kegiatan pop sunda bisa mempopulerkan kembali budaya dan bahasa Sunda khususnya,” harap Uu.

Kepala Badan Penghubung Jawa Barat Diana Ramadiany menuturkan kegiatan diselenggarakan memberikan ruang apresiasi terhadap para nonoman atau kawula muda yang mencintai seni budaya dengan membawakan tembang lagu pop sunda.

“Tujuannya untuk melestarikan salah satu seni Jawa Barat dalam bidang oleh vokal,” kata Diana.

Di tengah kecenderungan generasi muda lebih tertarik dengan budaya asing, menjadi tantangan dalam pelestarian budaya daerah.

Oleh karena itu Badan Penghubung sebagai perangkat daerah Provinsi Jabar berinisiatif melakukan upaya melestarikan dan mempromosikan seni budaya sunda.

“Menyesuaikan pandemi Covid-19, maka disesuaikan penyelenggaraannya secara virtual berpusat di Anjungan Jabar di TMII,” katanya.

(rls/nik)

0 Komentar