Pasir Sembung Sudah Overload, DLH Cianjur Siapkan Program TPS3R

Pemkab Cianjur Masih Mengkaji Penetapan Darurat Sampah
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pasirsembung, Cianjur mengalami kelebihan kapasitas atau over load. (foto/ist)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pasir Sembung saat ini dinilai sudah tidak efektif. Selain kapastitasnya sudah overload, dibutuhkan segera pemanfaat TPAS baru sebagai penggantinya.

“Kalau menurut saya, TPA Pasir Sembung itu sudah tidak efektif. Selain sudah overload, disekitaran lokasi sudah padat penduduk,” kata Plt Kabid Pengelolaan Sampah Dan Lingkungan (PSL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur Neneng Restiantie saat dihubungi melalui sambungan telefon, Kamis (5/8) seperti dilansir dari Harian Umum Cianjur Ekspres.

Neneng mengatakan, selain itu disekitaran lokasi TPA Pasirsembung juga ada sekolah yang bisa menimbulkan terjadinya hal yang tak diinginkan.

Baca Juga:Pertemuan Tak Berjalan Baik, Barcelona: Messi Tidak akan Kembali ke Camp NouFans Ucapkan Perpisahan Untuk Rossi Hingga Menjadi Trending di Twitter

“Saya berharap, pemindahan TPA ke wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon segera dilakukan,” kata Neneng.

Neneng mengatakan, jika pengadaan lahan untuk TPA di Mekarsari sudah dilakukan. Namun rencana pembangunan tentunya harus masuk dulu ke tahapan RPJMD.

“Baru masuk ke tahapan RPJMD, mudah-mudahan segera tuntas karena kapasitas TPA di Pasirsembung sudah sangat mengkhawatirkan,” jelasnya.

Adapun penanganan kapasitas sampah yang sudah overload di TPA Pasirsembung, pihaknya saat ini terus berupaya dengan cara menjalankan atau pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recycle (TPS3R) yang sudah tersebar di masing-masing kecamatan dan desa.

“Uapayanya untuk menanggulangi overload kita sudah siapkan program TPS3R, yang nantinya sampah bisa didaur ulang,” jelasnya.(yis/sri)

0 Komentar