oleh

Panen Perdana Tanaman Porang, Petani di Cianjur Raup Untung Ratusan Juta Rupiah

Cianjurekspres.net – Gapoktan Silih Asih berhasil meraup keuntungan ratusan juta rupiah dari panen perdana tanaman Porang di Kampung Kandangsapi, Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Sabtu (26/6/2021).

Keuntungan yang di raup tersebut juga dibarengi dengan hasil panen umbi Porang mencapai 40 ton  selama masa tanam 7 bulan di atas lahan seluas kurang lebih 1 hektar dengan 20 ribu bibit yang ditanam.

Ketua Gapoktan Silih Asih, H Yandi Setiandi, mengatakan, panen porang ini merupakan perdana di Kabupaten Cianjur dengan hasil sesuai yang diharapkan.

“Alhamdulillah, semua tanaman bisa dipanen, tidak ada yang gagal,” terang Yandi pada wartawan di lokasi, Sabtu (26/6/2021).

“Setelah memanen porang, dari hasil lahan seluas satu hektar menghasilkan umbi porang seberat 40 ton,” imbuhnya.

Secara ekonomi sangat menguntungkan, biaya produksi satu hektar tanaman porang dengan bibit umbi Rp128 juta. Saat ini, harga jual umbi porang Rp7000 per kilogram dengan kondisi basah.

Keuntungan yang diraup dari hasil panen umbi porang sebanyak 40 ton, kalau dikalikan harga saat ini Rp7000 per kilogram, maka total meraup Rp280 juta.

“Alhamdulillah ada keuntungan yang berlipat ganda, ini juga membuktikan kalau tanaman porang di Cianjur sangat potensial dan bisa menjadi andalan,” terangnya.

Yandi akan berbagi ilmu dengan petani Cianjur jika yang berminat menanam porang, bahkan menyediakan bibit umbi maupun katak dengan harga murah.

“Silahkan bagi petani Cianjur untuk menanam porang, silahkan datang saja ke Kampung Kandangsapi,” tandasnya.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *