Cianjur Menjadi Percontohan Ruang Isolasi Desa Pasien Covid

Cianjur Menjadi Percontohan Ruang Isolasi Desa Pasien Covid
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi RSUD Cianjur. (Foto: Mochammad Nursidin)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) RSUD Cianjur masih memenuhi syarat WHO yakni 60%, serta adanya ketersediaan fasilitas ruang isolasi desa.

“Tingkat keterisian diharapkan di bawah 60 persen sesuai dengan standar WHO. Kalau menjelang 70% akan ada penambahan kamar,” jelas Emil (sapaan Ridwan Kamil) dalam kunjungannya ke RSUD Cianjur, Selasa (22/6/2021).

Sehingga, lanjut Emil, kombinasi menguatkan perawatan di desa dan kelurahan akan menjadi unggulan Jawa Barat dalam menyelesaikan kedaruratan.

Baca Juga:Rasa Syukur Ibu Ooy, Rumah Biliknya Dibangun Jadi Lebih LayakBRI Jaring 350 Desa di Program Desa BRILiaN

“Saat ini varian baru delta Covid-19 sudah ada di Karawang dan Depok, semoga saja tidak berimbas ke Cianjur. Saya melihat Cianjur menjadi daerah yang bagus untuk dicontoh, karena tempat isolasi sudah baik,” jelasnya.

Emil menyebut, adanya isolasi desa dimaksudkan untuk mengurai kepadatan agar tidak terlalu padat di rumah sakit. Ia menilai, tidak semua pasien Covid-19 memerlukan perawatan di rumah sakit.

“Jadi rumah sakit bisa dimaksimalkan untuk yang bergejala berat, untuk yang ringan bisa melakukan isolasi di desa atau puskesmas saja,” jelasnya.

Saat ini, Emil menilai, Kabupaten Cianjur sudah melalukan fungsinya dengan baik. Ia pun mengingatkan untuk tidak terlena dengan keadaan saat ini.

“Kita sebenarnya sudah belajar kondisi lonjakan angka Covid-19 seperti saat ini. Jadi tidak usah khawatir, kita pasti bisa menurunkannya lagi angka saat ini,” jelasnya.

Namun, lanjut Emil, jika sudah menurun ia menegaskan untuk tidak lagi terlena dengan tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Kita kemarin karena turun  semua terlena begitu saja, banyak juga yang liburan hingga tidak mematuhi prokes, akhirnya timbul klaster baru di perumahan, lingkungan kerja, dan tempat wisata pun tutup sementara,” beber Emil.

Baca Juga:Belajar Hidup SendiriBersama Warga, Satgas TMMD Renovasi Masjid di Desa Ciandam Mande

Emil menitip kepada Bupati Cianjur agar bisa tetap mempertahankan kondisi yang sudah baik di Cianjur.

“Titip yang sudah baik ini dipertahankan, seluruh desa-desa wajibkan punya ruang isolasi tahan oleh puskesmas dan kepala desa, kalau dia bergejala ringan dan sedang tidak usah ke rumah sakit,” tutupnya.(job3/nik)

0 Komentar