Belajar Hidup Sendiri

1000 Tahun
ilustrasi disway.(net)
0 Komentar

SANG suami akhirnya bisa menerima sang istri pergi. Selamanya. “Setidaknya kami telah merasa mendapat tambahan umur 5 tahun,” ujar Prof Dr Soehartono DS, ahli kandungan terkemuka Surabaya.

Sang istri, Evie Ratsmawati, meninggal dunia Minggu dini hari kemarin –akibat kanker paru. Usianyi 66 tahun– sembilan tahun lebih muda dari suami.

Bagaimana seorang penderita kanker paru stadium 4 bisa bertahan selama lima tahun? “Itu karena obat Tyrosine Kinase Inhibitor,” ujar sang suami. Itulah obat penahan berkembangnya kanker.

Baca Juga:Bersama Warga, Satgas TMMD Renovasi Masjid di Desa Ciandam MandeEuro 2020: Belgia dan Denmark Lolos ke Babak 16 Besar

Yang ia juga bersyukur adalah: selama lima tahun terakhir itu kualitas hidup sang istri tidak menurun. Tetap bisa main tenis. Melakukan umrah yang ke-8. Jalan-jalan ke Eropa. Juga ke Amerika. Ke Tiongkok. Ke Canada. Ke mana saja. “Kami tidak seperti orang sakit,” ujar dokter yang biasa saya panggil Mas Ton.

“Terus terang saja, saya ingin menyenangkan istri saya semaksimal mungkin,” katanya.

Awalnya di tahun 2016. Suami-istri ini melayat sejawat mereka: Prof Dr Herlin Megawe. Sang istri batuk-batuk. Di bawalah ke dokter. Lalu dicarikan second opinion ke Singapura. Benar. Kanker paru. Langsung stadium 4.

Saat itu obat TKI (Tyrosin Kinase Inhibitor) sudah ditemukan. Bahkan generasi ke-2 nya baru saja ditemukan. Maka Evie meminum TKI generasi dua. Bentuknya pil. Diminum tiap hari.

Itu bukan obat untuk membunuh kanker. Tugasnya hanya menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sekarang ini berbagai macam kanker bisa dihambat oleh TKI. Ada satu jenis TKI yang bisa untuk beberapa jenis kanker. Tapi ada juga kanker yang memerlukan TKI-nya sendiri.

“Untuk kanker ovarium memakai bevacizumab. Itu untuk menghambat pembentukan pembuluh darah ke sel kanker ovarium,” ujar Dr. dr. Brahmana, ahli kanker servik yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya.

Baca Juga:Dukung Perbup Larangan Kawin Kontrak, PAN Cianjur Siapkan Program Kursus dan PelatihanMenteri BUMN dan Dirut BRI Kunjungi Pengusaha Mikro di Lampung

Sambil mengonsumsi obat tersebut, kata Brahmana, tetap harus dicari jalan untuk membunuh sel kankernya. Salah satu caranya lewat kemoterapi. Atau radiasi. Atau operasi. Atau kombinasi.

Kelemahan obat tersebut mirip obat lainnya: lama-lama penyakit itu mengenal obat tersebut. Lalu kebal. Lalu melakukan mutasi. Lalu berkembang lagi.

0 Komentar