oleh

Menjadi Primadona Kini Jabar Ekspor 23 Ton Kelapa Parut Kering

Cianjurekspres.net – CV Una Surya Putra Mandiri mengekpor 23 ton produk kelapa parut kering atau desiccated coconut ke Kosta Rika, Rabu (16/6/2021).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut, dengan potensi yang besar, CV Una Surya Putra Mandiri meminta untuk terus memperluas pasar ekspornya.

“Banyak negara yang minat terhadap Kelapa parut kering, karena sudah menjadi kebutuhan seluruh dunia. CV Una Surya Putra Mandiri tinggal memperluas pasarnya, kemudian packaging-nya, kebutuhannya, skala industrinya, karena kadang-kadang kalau skala UKM  banyak manual, jadi harus dibantu mekanisasinya,” ucap Emil dalam keterangan tertulisnya.

Emil (sapaan Ridwan Kamil) berharap para Duta Besar (Dubes) dapat memfasilitasi langkah Pemerintah Provinsi Jabar dalam mendorong ekspor.

Ia menambahkan, ekspor kali ini menjadi sebuah simbol hubungan antara Jabar dan dunia. Nantinya produk Jabar mampu mengekpor lebih banyak lagi ke negara-negara dunia.

BACA JUGAEkspor Jabar Kembali Menggeliat

Sementara itu, Direktur Amerika II Kementerian Luar Negeri, Darianto Harsono menyambut baik ekspor produk kelapa parut kering tersebut. Dalam mengekspor produk diperlukannya kreativitas melakukan versifikasi produk yang akan diekspor.

Darianto menjelaskan, saat ini ada dua fenomena yang terjadi pada perdagangan global. Pertama, mengenai perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang memberikan efek domino ke perdagangan internasional.

Kemudian terganggunya global supply chain akibat adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penting untuk mencari peluang produk dan pasar ekspor baru.

BACA JUGA20 Ton Ekspor Kelapa Parut Kering dari Jabar ke Arab Saudi

Sedangkan Dubes RI di Panama City, Sukmo Harsono mengatakan, pihaknya akan membantu mempromosikan produk-produk Indonesia, termasuk Jabar ke wilayahnya. Tidak hanya pada produk-produk dari pengusaha besar, tetapi juga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).(rls/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *