oleh

BPBD Cianjur Bentuk Tiga Destana, Ini Fungsinya

Cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, membentuk tiga Desa Tangguh Bencana (Destana) di tiga kecamatan berbeda, Kamis (10/6/2021). Diantaranya di Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang, Desa Gadog Kecamatan Pacet dan desa Rawabelut Kecamatan Sukaresmi.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch, Irfan Sofyan menjelaskan, pembentukan tiga Destana termasuk dalam 15 Destana yang akan dibentuk BPBD dalam mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Cianjur.

Baca Juga: 100 Hari Kerja Bupati-Wabup Cianjur, BPBD Percepat Pembentukan Destana di 15 Desa

“Sebagaimana arahan Pak Bupati dalam waktu 3,5 tahun ke depan, BPBD Kabupaten Cianjur akan membentuk 360 Destana di seluruh Kabupaten Cianjur sesuai jumlah desa dan kelurahan. Sehingga hal tersebut akan menjadikan Kabupaten Cianjur menjadi Kabupaten Tangguh Bencana (Kabtana),” kata Irfan, Kamis (10/6/2021).

Nantinya yang bertanggungjawab mengelola Destana yang sudah dibentuk adalah para Retana. “Kita juga akan menggaet lagi anggota Retana sebagai Retana Desa tanpa SK Bupati, tapi SK Kades,” ucap Irfan.

Adapun fungsi Destana, ungkap Irfan, sama seperti BDBD mengurusi soal kebencanaan dari mulai pra, saat bencana dan pasca bencana.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *