Hari Lingkungan Hidup Sedunia, HMI Cianjur Soroti Kurangnya Edukasi Pengelolaan Sampah di Masyarakat

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, HMI Cianjur Soroti Kurangnya Edukasi Pengelolaan Sampah di Masyarakat
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2021, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cianjur menyoroti kurangnya edukasi pemerintah daerah terkait pengelolaan sampah dalam satuan masyarakat terkecil yakni rumah tangga (keluarga).

Sehingga kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya masih sangat rendah. Padahal, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah menyediakan tong sampah di sejumlah ruas jalan.

Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Cabang Cianjur, Ilham Yasar, mengaku sangat menyayangkan tong sampah yang sedemikian rupa disediakan pemerintah tidak dipergunakan dengan selayaknya.

Baca Juga:Tekun Jadi Agen BRILink, Lili Setiawan Mampu Sekolahkan Anak ke ChinaBupati Cianjur Jamin Ketersediaan Pangan Korban Longsor di Desa Cibokor Cibeber

“Karena pada akhirnya sampah dalam 3 tempat berbeda tersebut menjadi satu ketika menuju pembuangan akhir,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/5/2021).

Menurutnya, permasalahan sampah memang tampak sulit untuk di uraikan. Namun seharusnya, kata Ilham, ada upaya berkesinambungan dari pemerintah terkait edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat melalui perangkat-perangkatnya yang tersebar diseluruh wilayah desa. Sehingga kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah sedikit demi sedikit dapat meningkat.

Ilham berharap adanya pembaharuan dalam pengelolaan sampah di Cianjur oleh Dinas terkait yang kemudian disosialisasikan secara berkelanjutan. “Supaya tidak menjadi salah satu hambatan untuk percepatan pembangunan Cianjur yang lebih maju,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, HMI mengapresiasi instruksi Bupati Cianjur yang menghimbau para pelaku usaha kecil, menengah hingga besar untuk mengurangi penggunaan sampah pada setiap transaksi jual belinya.

“Instruksi Bupati ini harus kita apresiasi, beliau sebagai pemimpin daerah artinya sudah semakin sadar bahwa penggunaan plastik akan menimbulkan berbagai macam permasalahan sampah dan berdampak pada lingkungan hidup,” tegas Ilham.(rls/hyt)

0 Komentar