oleh

Cianjur Alami Gempa 3.0 Magnitudo

Cianjurekspres.net – Gempa bumi berkekuatan 3.0 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur, Sabtu (5/6/2021) malam. BPBD Cianjur pun memantau sejumlah desa terutama Desa Cibokor, untuk memastikan tidak ada bencana longsor susulan.

Informasi yang dihimpun dari BMKG, gempa yang terjadi selama beberapa detik pada pukul 21.52 Wib itu berpusat di koordinat 6.84 Lintang Selatan (LS) dan 107.16 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer.

Dari koordinat tersebut, lokasi gempa berada di sekitar wilayah Desa Munjul Kecamatan Cilaku atau hanya sekitar 3 kilometer tenggara dari pusat Kabupaten Cianjur.

Rusmana (27) warga Kecamatan Cianjur, mengaku, guncangan tersebut terasa kuat. Bahkan tembok dan kaca rumahnya bergetar.

“Getarannya kencang, saya kira gempanya besar. Setelah lihat BMKG, kekuatannya 3 magnitudo tapi berpusat tidak jauh dari wilayah perkotaan,” ujarnya, Sabtu (5/6/2021).

Sementara itu Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, mengatakan pihaknya masih melakukan pengecekan terkait dampak gempa yang berpusat di perkotaan tersebut.

“Retana sudah ditugaskan untuk cek apakah ada rumah yang terdampak atau tidak,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, BPBD juga memantau kondisi di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, yang diternajng bencana longsor, Jumat (4/6) kemarin, untuk memastikan tidak terjadi longsor susulan.

“Kita sudah berusaha komunikasi, tapi di sana susah sinyal sehingga sulit menatau kondisi terkini. Apalagi pasca gempa bumi tadi. Dikhawatirkan gempa menimbukan longsor susulan,” pungkasnya.(mg1/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *