oleh

Cianjur Masuk Tiga Besar Daerah Peredaran Narkoba Tertinggi di Jabar

Cianjurekspres.net – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat, Brigjen Pol Benny Gunawan, mengungkapkan Kabupaten Cianjur masuk dalam tiga besar daerah peredaran narkoba tertinggi di Jawa Barat bersama Sukabumi dan Bogor. Tingginya kebutuhan ekonomi dan tergiur pekerjaan instan dengan menjadi kurir narkoba merupakan alasan utamanya.

“Yang kita deteksi peredaran narkoba paling tinggi di Jawa Barat ada tiga yakni Sukabumi, Bogor dan Cianjur. Bahkan kalau Aceh panen ganja yang pertama jadi sasaran pemasok adalah tiga kota ini,” ujar Benny saat diwawancara di Kantor BNN Kabupaten Cianjur, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga: BNNP Jabar Sebut Pengungkapan Narkoba di Daerah Ini Meningkat saat Pandemi Covid-19

“Saat pandemi sekarang malah kasus makin tinggi. Mungkin di situasi sekarang banyak yang stres, tidak mampu berfikir sehingga memilih pekerjaan yang instan dengan menjadi pengedar narkoba,” sambungnya.

Bahkan menurut Benny, rata-rata jaringan pengedar narkoba merekrut orang untuk menjadi kurir dari kalangan masyarakat desa dan kaum milenial yang masih produktif.

“Yang direkrut kebanyakan masyarakat desa, anak-anak milenial yang masih produktif bahkan hingga ibu rumah tangga,” ujarnya.

Dirinya pun mengajak pemerintah daerah untuk memberantas penyalahgunaan narkoba, dengan cara melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat hingga tingkat desa.

“Soal narkoba ini merupakan tanggung jawab bersama. Bahkan Bhabinkamtibmas, Babinsa serta kepala Desa berhak ikut memantau peredaran narkoba di setiap wilayah,” tandas Benny.(mg1/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *