oleh

Longsor di Ruas Jalan Cibeber-Campaka, Begini Kondisinya

Cianjurekspres.net – Akses jalan utama yang menghubungkan Cibeber-Campaka tepatnya di Desa Salagedang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur tertutup longsor, Senin (17/5/2021) pagi.

Camat Cibeber, Ali Akbar mengungkapkan, longsor terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dimana tebing setinggi 20 meter tiba-tiba longsor dan menimbun seluruh badan jalan.

“Tak ada hujan deras sebelumnya, namun tiba-tiba longsor. Ketebalan longsoran mencapai 1 meter,” ujarnya saat dihubungi via telepon, Senin (17/5/2021).

Ali mengatakan tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun akses dari Cianjur menuju Sindangbarang hingga sekitar pukul 11.00 WIB masih belum bisa dilewati akibat tertutup material longsor.

Tidak hanya itu sambung Ali, antrian kendaraan pun terjadi hingga beberapa puluh meter dari kedua arus jalan.

“Saat longsor, kondisi jalan sepi sehingga tidak ada korban. Tapi akibatnya jalan tidak bisa dilalui dan terjadi kemacetan hingga puluhan meter, terutama oleh kendaraan roda empat,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Irfan Sopyan, mengaku, saat ini petugas dari PUPR dibantu Retana dan kepolisian tengah melakukan pembersihan jalan. Alat berat pun diturunkan untuk menyingkirkan material longsoran dari badan jalan.

“Kami upayakan secepatnya bisa kembali dilalui. Minimalnya satu jalur bisa dilintasi, sehingga tak terjadi antrean panjang kendaraan,” ucapnya.

Irfan menambahkan tebing di kawasan tersebut memang rawan longsor. Bahkan pada Maret 2020 lalu juga terjadi longsor yang menutup akses jalan.

“Titik itu rawan longsor. Untuk longsor parah dua kali, tapi sering juga terjadi longsoran kecil. Kami imbau pengendara untuk tetap berhati-hati jika melalui kawasan tersebut, terutama saat hujan deras,” pungkasnya.(mg1/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *