Budaya Rujak Pare

1000 Tahun
ilustrasi disway.(net)
0 Komentar

Di altar tersebut, di tahun 2014, juga ditempatkan sinci orang terkenal: KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur. Presiden ke-4 kita.

Dengan demikian siapa pun yang sembahyang di altar itu akan otomatis sembahyang juga untuk Gus Dur dan Ita Martadinata.

Sebagai aktivis Tionghoa, Harjanto terus berpikir bagaimana menempatkan peristiwa kerusuhan Mei 1998. Yang tidak perlu membuka luka lama tapi juga jangan sampai melupakannya. Maka ia memilih lewat cara budaya itu.

Baca Juga:Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Saat Arus Balik LebaranGempa 7,2 Magnitudo Guncang Nias, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Sudah menjadi budaya di kalangan Tionghoa untuk selalu memperingati sesuatu dengan sajian makanan. Ada hari raya bakcang, hari raya rebutan, hari raya Imlek, cap gomeh –yang semuanya serba bernuansa makanan.

Maka Harjanto berpikir makanan apa yang cocok untuk memperingati kerusuhan Mei 1998.

Pertama, ia temukan pare. Yang rasanya pahit itu. Meski pahit pare bisa untuk makanan. Agar ada unsur pahit dan pedas ketemulah rujak. Rujak pare.

Lalu harus ada unsur wanita. Itu lantaran korban kerusuhan tersebut adalah wanita. Yakni wanita Tionghoa. Wanita dilambangkan bunga. Tapi bunga apa yang sekaligus bisa untuk makanan?

Ketemulah bunga jombrang. Bunga jombrang sulit dicari, tapi istri saya selalu menemukan cara mendapatkannya. Istri saya sering menyambal dengan ramuan jombrang. Saya tahu bentuknya dan rasanya. Itu memang bunga minoritas.

“Sambal jombrangnya harus pedas. Harus sampai bisa membuat air mata keluar,” ujar Harjanto saat ngobrol dengan saya kemarin. “Kita menangis setiap mengenang peristiwa itu,” katanya.

Peringatan Mei 1998 pertama dilakukan Harjanto tahun 2008. Tepat 10 tahun setelah kejadian. Lalu ia adakan lagi tahun 2018. Sepuluh tahun kedua.

Baca Juga:Pos Penyekatan Perbatasan Cianjur Sediakan Rapid Test Antigen Saat Arus BalikPengunjung Pantai Apra dan Sereg Sindangbarang Cianjur Wajib Utamakan Prokes

Di peringatan tahun 2018 itulah rujak pare dan sambal jombrang mulai disajikan. Diteruskan di tahun 2019. Lalu tahun 2020. Peringatannya tidak lagi tiap 10 tahun.

Tahun ini, ditambah acara baru: penempatan sinci Ita Martadinata tadi. Dia mewakili seluruh korban kerusuhan Mei 1998.

Yang juga istimewa, peringatan tahun ini disertai seminar virtual. Dengan pembicara Christianto Wibisono dan Ita Fatia Nadia. Chris membicarakannya dari aspek politik. Fatia dari aspek hak asasi manusia dan hak perempuan.

“Ita Martadinata itu sengaja dibunuh oleh sistem politik,” ujar Fatia Nadia. “Ita bukan dibunuh Otong, pembantu rumah tangga. Otong itu hanya dikorbankan,” ujar Fatia di Zoom tersebut.

0 Komentar