Revolusi Energi untuk Negeri (1)

1000 Tahun
ilustrasi disway.(net)
0 Komentar

YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.

Bukan listrik untuk rumah tangga.

Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari tenaga air yang lebih murah. Satu bendungan di Sungai Chang Jiang saja, kapasitasnya hampir sama dengan kebutuhan listrik seluruh Jawa saat ini: 29.000 MW.

Itu hanya contoh. Kita tidak akan membandingkannya dengan negara lain. Untuk apa. Mereka sudah maju. Posisi mereka sudah bisa mendikte negara miskin.

Baca Juga:Surat Terbuka untuk Dirut PDAM Tirta Mukti CianjurPemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Saya membicarakan Indonesia. Yang ingin maju. Yang harus punya daya saing. Terutama di dunia usaha dan industrinya.

Selama ini, untuk punya daya saing itu, kita terus mempersoalkan perizinan, sogok-suap, dan produktivitas manusia. Juga kreativitasnya. Saya akan melengkapinya dengan penyediaan energi yang murah.

Misalkan perizinan, sogok-suap, dan produktivitas manusia sudah bisa kita perbaiki. Apakah otomatis akan bisa mengalahkan negara maju? Atau negara tetangga?

Asumsi saya, kita bisa memperbaiki itu semua. Harus. Tapi, hasilnya, maksimum kita hanya akan bisa menyamai mereka. Itu maksimum. Bukan mengalahkan. Berarti –pun kalau sukses– posisi kita tetap akan di belakang.

Maka, energi yang murah adalah satu aspek yang insya Allah –hampir saja saya menulis kata ”pasti”– bisa membuat kita menang. Dengan energi murah, daya saing kita tidak akan tertandingi.

Untuk itu, banyak yang berteori bahwa listrik akan baik kalau tidak ada listrik swasta. Itu omong kosong. Itu ideal, tapi tidak menginjak bumi.

Menghapus swasta hanya akan menghasilkan krisis listrik. Pilih mana, listrik agak mahal, tapi ada. Atau, tidak ada swasta, tapi listriknya mati-mati terus. Sayangnya, bicara begini tidak menarik. Pertama, akan dikira saya punya kepentingan. Bicara krisis listrik juga tidak menarik di dalam suasana listrik melimpah seperti sekarang ini. Bicara problem listrik itu baru menarik dalam keadaan mati lampu. Apalagi tiga kali sehari. Seperti dulu itu. Ingat: listrik itu baru diingat justru ketika sedang mati.

Baca Juga:Pelaku Pembakar Pacar di Cianjur Ternyata ResidivisDitangkap Polisi, Pelaku Pembakar Pacar di Cianjur Terancam Hukuman Seumur Hidup

Tapi, yang saya bicarakan dalam serial ini adalah: listrik murah sekaligus berlimpah. Pakai swasta, ataupun kalau perlu tidak usah pakai swasta.

0 Komentar