Menkes Sebut Ada Tiga Varian Baru Virus Covid-19 yang Masuk ke Indonesia

Belasan Warga Cianjur di Luar Daerah Terpapar Covid-19
ilustrasi.(net)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Tiga varian baru virus COVID-19 asal India, Afrika Selatan, dan Inggris sudah masuk ke Indonesia. Masyarakat diminta waspada dan selalu disiplin protokol kesehatan.

“Tentang hal ini sudah dilaporkan ke Presiden. Dimana selain mutasi dari Inggris, sudah ada mutasi baru yang masuk. Yakni mutasi dari India ada dua. Insidennya sudah diketahui ada dua di Jakarta. Satu insiden dari Afrika Selatan ada di Bali,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden Jakarta seperti dikutip dari FIN, Senin (3/5).

Virus Corona yang sudah mengalami mutasi di Inggris disebut varian B117. Sementara dari India dinamai B1617. Sedangkan varian dari Afrika Selatan B1351.

Baca Juga:Dian Covid KeduaPPKM Skala Mikro Diperpanjang Hingga 17 Mei 2021

Varian baru virus corona tersebut, masuk dalam kategori variant of concern, varian virus baru yang menjadi perhatian World Health Organization (WHO).

“Ini harus dijaga betul. Mumpung penyebarannya masih sedikit. Mengingat mereka pasti akan segera menyebar. Karena tingkat penularannya relatif lebih tinggi dibandingkan lainnya,” terang Budi.

Dia mengatakan, isolasi harus segera dilakukan pada warga yang tertular varian baru Corona tersebut. Begitu juga dengan orang-orang yang punya riwayat kontak dengan penderita, harus dilacak dan diperiksa.

“Karena itu, pentingnya penerapan protokol kesehatan. Paling penting sekali lagi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Karena apa pun virusnya, apa pun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan, harusnya penularan tidak terjadi,” tutur Budi.(fin/hyt)

0 Komentar