54 Warga Cibinong Cianjur Positif Covid-19, Satgas: Dugaan Sementara Klaster Pengajian

Dibanding Tahun Sebelumnya, Kasus DBD di Cianjur Per Agustus 2021 Turun
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Sebanyak 54 warga di Desa Sukajadi, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen. Rata-rata mereka yang positif dari kalangan ibu-ibu.

Juru Bicara Satgas Percepatan Pengananan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan, penyebaran terjadi diduga saat kegiatan pengajian yang rutin dilakukan di desa tersebut.

“Awalnya ada seorang warga datang ke Puskesmas yang mengeluhkan kehilangan penciuman yang mengarah ke gejala Covid-19,” ujarnya, Senin (3/5/2021).

Baca Juga:Inter Kunci Scudetto, Ini Kata ConteRibuan Kendaraan Diputarbalikkan di Bogor

Dia mengungkapkan, setelah dilakukan rapid test antigen ternyata warga tersebut positif Covid-19.

Tidak hanya dia sambung Yusman, beberapa warga lainnya juga mengalami gejala serupa.

“Tim gugus tugas kecamatan langsung melakukan penelusuran. Dari hasil rapid test antigen ada 49 orang yang positif Corona. Bahkan kampung sebelah di Desa Sukajadi juga ada yang positif 5 orang. Jadi total 54 yang positif,” kata dia.

Menurutnya kebanyakan warga yang positif dari kalangan ibu-ibu. Penyebaran diduga terjadi saat pengajian rutin yang kerap digelar di desa tersebut.

“Dugaan sementara klaster pengajian. Kebanyakan ibu-ibu yang hadir di pengajian. Tapi kalau siapa yang pertama kali terpapar dan menyebarkan kita masih dalami,” ucapnya.

Yusman menambahkan, diperkirakan penularan pertama kali terjadi saat musim libur panjang sebelum Ramadan.

“Sebelum puasa kan banyak libur panjang, ada juga yang mudik untuk sahur bersama keluarga di hari pertama puasa. Tapi kami lakukan tracing oleh petugas di kecamatan untuk memastikan,” pungkasnya.(mg1/hyt)

0 Komentar