BI Jabar Sediakan Rp17 Triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri 2021

BI Jabar Sediakan Rp17 Triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri 2021
Salah seorang nasabah namoak sedang melakukan penukaran uang untuk hari raya di Kantor Bank Indonesia Jawa Barat. (dok)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat (KpWBI Jabar) mempersiapkan Rp17,45 triliun selama Ramadan dan Idul Fitri 2021. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi faktor milusim Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Kepala Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto menyebut, jumlah kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 naik 4 kali kipar dari rata-rata kebutuhan uang per bulan dalam kondisi normal.

“Kalau kita bandingkan dengan periode tahun lalu, justru tahun ini menurun 19,44%. Dimasa pandemi Covid-19 2020 kebutuhan justru meningkat hingga Rp21,66 triliun,” ucap Herawanto kepada wartawan, belum lama ini.

Baca Juga:Tinggal Tunggu BankPasca Longsor Ciloto Cianjur, Truk Besar Bakal Dilarang Melintas

Herawanto menyebut, Bank Indonesia Jawa Barat berkomitmen untuk memenuhi seluruh kebutuhan uang tersebut dalam kondisi layak edar dengan jumlah dan pecahan yang sesuai hingga ke pelosok wilayah Jawa Barat.

“Layanan penukaran uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank. Layanan kas keliling ditiadakan,” jelasnya.

Hal ini dikarenakan, lanjut Herawanto, sejalan dengan upaya terus menekan penyebaran Covid-19. BI Jabar bekerjasama dengan perbankan (Bank Umumdan BPR) telah menetapkan 559 titik layanan penukaran selama Ramadan 2021.(nik)

0 Komentar