Apa Kabar Lingkungan di Tengah Pandemi Covid-19?

Apa Kabar Lingkungan di Tengah Pandemi Covid-19?
0 Komentar

Dengan maraknya kegiatan medis di rumah sakit, seperti limbah infeksius dan biomedis menjadi wajah lain dari dampak yang ditimbulkan dari pandemi. Limbah medis memang meningkat di masa pandemi seperti ini. Menyeramkan bila limbah rumah sakit khususnya limbah yang berasal dari penanganan pasien yang terpapar COVID-19 ini tidak ditangani dengan baik. Menurut berbagai literature virus corona ini dapat bertahan delama sehari di karton dan tiga hari di plastic. Selain dari rumah sakit, pembuangan masker yang dibuang sembarangan pun dapat menjadi mimpi buruk jika tidak ditangani dengan tepat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kadek Yuniari Suryatini dan I Gusti Ayu Rai, pandemi COVID-19 tlah membawa dampak poisitf terhadap keadaan terumbu karang di Indonesia. Dengan berkurangnya kegiatan industri maka menjadikan potensi pemuulihan terumbu karang.

Kembali ke pertanyaan sebelumnya apakah untuk terus menciptakan kondisi lingkunagn yang baik seperti demikian itu pandemi ini harus tetap ada? Tentunya adalah tidak. Setiap orang ingin menginkan kehidupan normalnya seperti sedia kala, ingin menghirup udara bebas tanpa harus terhalang oleh masker, ingin bersekolah kembali. Menurut Islam, dkk untuk dapat mempertahankan dampak baik dari pandemi tersebut ada beberapa strategi yang dapat dilakukan agar kelestarian lingkungan dpat dipertahankan adalah diantaranya menggunakan transportasi umum untuck mengurangi emisi gas , beralih ke indutri intensif energi, pengolahan air limbah sebelum dibuang.

Akhir kata

Baca Juga:Diduga Travel Gelap, Satlantas Polres Cianjur Amankan Sebuah Mobil Berpelat BCabuli Gadis Dibawah Umur, Tukang Pijat di Cianjur Ditangkap Polisi

Seluruh masyararakat di dunia ini sangat ingin pandemi COVID-19 ini segera berakhir. Dari paparan diatas kita dapat megetahui dampak yang ditimbulkan oleh pandemi baik dampak positif maupun dampak negatif. Maka sudah seharusnya kita memikirkan bagaimana caranya agar dampakk positif yang ditimbulkan oleh pandemi ini tetap berlangsung walau pandemi nanti sudah berusai. Bukan dengan mempertahankan pandemi COVID-19 ini selalu ada di muka bumi, namun dengan menjalankan serangkaian upaya agar kelestarian alam dapat selalu tercipta dan juga menyelamatkan bumi.

Penulis: Maulany Rahmawati
Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

0 Komentar