Kemenkes Tunggu Rekomendasi Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Anak

Kemenkes Tunggu Rekomendasi Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Anak
ilustrasi.(foto/FIN)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kementerian Kesehatan masih menunggu rekomendasi pemberian vaksin Covid-19 bagi kelompok usia anak di Indonesia.

“Kita tunggu dulu rekomendasi. Baik dari WHO maupun Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI),” ujar Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi di Jakarta seperti dilansir FIN, Kamis (25/3).

Sementara itu, Ketua Umum IDAI, Aman Bhakti Pulungan menegaskan pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi apapun terkait vaksinasi untuk anak. “Sampai saat ini belum ada data update untuk vaksin anak. IDAI belum keluarkan rekomendasi apapun,” kata Aman.

Baca Juga:Sidak Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Kapolri: Terima kasih rekan suporterBPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Avifavir

Dia mengatakan vaksin Sinovac saat ini baru direkomendasikan pada peserta dengan rentang usia 15 hingga 59 tahun. IDAI berharap sejumlah penelitian terkait keamanan vaksin untuk anak dapat segera terwujud.

“Kalau wacana tentu kita mengharap. Tentu saja harus aman. Tetapi data-datanya belum. Dari BPOM juga belum ada. Kalau nanti ada untuk anak, IDAI yang pertama mengeluarkan pernyataan,” jelasnya.

Karena itu, disiplin 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas), wajib dilakukan. “Anak-anak harus diajarkan bagaimana melakukan protokol kesehatan secara benar. Ini penting demi menjaga kesehatan mereka,” tandasnya.(fin/hyt)

0 Komentar