Hari Musik: Konser Musik Diperbolehkan, Ini Syaratnya

Hari Musik: Konser Musik Diperbolehkan, Ini Syaratnya
Konser Musik Online
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya menyebut regulasi baru mengenai penanganan Covid-19 di Kota Bandung ini memuat kebijakan baru dari Wali Kota Bandung, Oded M. Danial memberikan pelonggaran untuk kegiatan kesenian.

“Di hari musik kemarin, kami ingin membedah potensi reaktivasi bermusik di tengah pandemi Covid-19, bersama komunitas musisi Manjing Manjang,” ucap Sony kepada wartawan, Jumat (12/3/2021).

Terlebih setelah sektor seni dan budaya mendapat relaksasi untuk digelar di Kota Bandung. Selain menjadi momentum peringatan hari musik nasional, tepat pada 9 Maret 2021 lalu telah terbit Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 28 Tahun 2021.

Baca Juga:231 Ulama dan Tokoh Jabar DivaksinASN Jabar Dapat Penilaian Terbaik dari BKN

Sony mengungkapkan, keputusan merelaksasi bidang seni sudah melalui pembahasan di rapat terbatas bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dengan catatan utamanya yakni tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Perwal terbaru nomor 28 tahun 2021 salah satu isinya adalah memberikan ruang untuk melakukan acara musik. Tetapi protokol ketat dan hanya dengan 30 persen kapasitas ruang yang ada. Walikota sudah memberikan ruang untuk memperbolehkan itu,” ucap Sony.

Ia menuturkan, Pemkot Bandung bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung selalu mengevaluasi setiap dua pekan. Tujuannya untuk melihat perkembangan terkini di lapangan sebagai bahan pertimbangan kebijakan.

Karena, ujar Sony, di samping beragam upaya untuk penanganan kesehatan juga turut diiringi dengan strategi untuk mendongkrak kembali sektor perekonomian. Tak terkecuali dari bidang kesenian yang turut berkontribusi.

“Pemkot selalu mengevaluasi setiap 14 hari bersama jajaran Forkopimda. Kita melihat kondisi dan memutuskan aturan baru sesuai dengan dinamika terjadi. Karena kita harus menyeimbangkan antara kondisi kesehatan dan kondisi ekonomi,” ujarnya.

Meski begitu, Sony mengingatkan agar para seniman tak terlena dalam euphoria relaksasi terbaru ini. Sebab, pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat tetap menjadi kunci utama dalam melawan Covid-19. Termasuk vaksinasi yang kini tengah digenjot oleh Pemkot Bandung.

“Intinya adalah keniscayaan bahwa kita semua harus disiplin protokol kesehatan. Karena virus ini benar ada dan sayangi keluarga kita dengan cara disiplin kesehatan 5 M. Plus berdoa dan mari kita ikuti vaksinasi sebagai upaya mengatasi pandemi ini. Vaksin ini adalah upaya untuk memperkebal imun kita,” bebernya.(nik)

0 Komentar