Jokowi Sebut Kemungkinan Masyarakat Umum Terima Vaksin Covid-19 Pertengahan Februari 2021

Jokowi Sebut Kemungkinan Masyarakat Umum Terima Vaksin Covid-19 Pertengahan Februari 2021
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Presiden Joko Widodo menyebutkan kemungkinan masyarakat umum bisa mendapat vaksinasi Covid-19 pada pertengahan Februari 2021 mendatang.

“Sesuai yang sampaikan di awal. Pertama prioritas untuk tenaga kesehatan, dokter, perawat. Kemudian TNI dan Polri, pelayan publik, serta masyarakat nanti berbarengan. Saya kira di Februari pertengahan bisa masuk ke sana,” kata Jokowi usai menerima vaksin COVID-19 untuk kedua kalinya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1) seperti dikutip dari FIN.

Dia menjelaskan di tahap awal vaksinasi ditujukan bagi mereka yang menjadi prioritas dan di garda terdepan penanganan COVID-19. Jokowi menargetkan jumlah realisasi vaksinasi bisa terus meningkat setiap harinya.

Baca Juga:Pagi Ini, Plt Bupati Cianjur Dijadwalkan Terima Suntikan Vaksin Covid-19Kodim 0608/Cianjur Perbaiki Rutilahu Milik Bakri

Dengan kemampuan 30 ribu vaksinator, 10 ribu puskesmas, dan tiga ribu rumah sakit di Indonesia, dirinya menargetkan vaksinasi dapat mencapai 900 ribu hingga 1 juta orang setiap harinya.

Kepala Negara mengingatkan, meskipun sudah divaksin, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yakni 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).  “Itu penting, karena kuncinya ada di situ. Selain vaksinasi kuncinya menjaga protokol. Kurangi mobilitas ke mana-mana. Saya kira itu,” paparnya.

Jokowi juga berjanji membenahi pelaksanaan vaksinasi COVID-19, termasuk menangani kendala dalam vaksinasi tenaga kesehatan. “Vaksinasi ini dimulai dari tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat. Biasa di awal itu ada manajemen lapangan yang perlu diperbaiki. Sehingga kita baru mendapatkan kurang lebih 250 ribu yang sudah divaksin untuk nakes,” urainya.

Pemerintah, lanjutnya, akan mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama. Selanjutnya berupaya mencapai target pelaksanaan vaksinasi yang telah ditetapkan.

Target pemerintah menargetkan bisa melakukan vaksinasi pada kurang lebih 181,5 juta penduduk. Vaksinasi tahap pertama telah dimulai pada 13 Januari 2021 dengan sasaran prioritas petugas di bidang kesehatan.

Untuk mencapai target menuntaskan vaksinasi COVID-19 dalam satu tahun, Jokowi menyebut pemerintah menargetkan setiap hari bisa memvaksinasi 900 ribu hingga satu juta warga. (rh/fin/hyt)

0 Komentar