Pemkab Cianjur akan Lakukan Simulasi Vaksinasi Covid-19

Dibanding Tahun Sebelumnya, Kasus DBD di Cianjur Per Agustus 2021 Turun
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal.
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Kesehatan akan melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ciherang, Kecamatan Karangtengah. Meski belum ditentukan waktunya, namun simulasi ini sebagai langkah persiapan agar nantinya proses vaksinasi bisa berjalan lancar.

“Untuk yang akan di videokan di sana. Tetapi sebanyak 47 Puskesmas semuanya diharapkan dan memang diinstruksikan Kepala Dinas Kesehatan untuk mengadakan simulasi. Tetapi kami nanti hanya memantau di Puskesmas Ciherang kesiapannya,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, Sabtu (12/12/2020) malam.

Yusman menjelaskan, ada empat meja yang disiapkan dalam simulasi nanti. Meja pertama untuk pendaftaran dan meja kedua untuk screnning apakah ada penyakit komorbid. Kemudian meja ketiga pelaksanaan imunisasi (vaksinasi) dan meja keempat untuk input data observasi selama 30 menit apakah ada reaksi setelah imunisasi.

Baca Juga:Tandang ke Markas Union Berlin, Lewandowski Jadi Penyelamat Bayern MunchenHari ke 36 Gowes Cianjur-Aceh, Dicky-Niko Sudah Masuk Aceh Singkil

Menurut Yusman, biasanya usulan permintaan vaksin dari daerah nanti di verifikasi kembali. “Kemungkinan top down tidak bottom up, tapi langsung dialokasikan pemerintah pusat melalui pendataan,” katanya.

Lebih lanjut Yusman mengatakan, warga yang akan di vaksin terlebih dahulu menerima notifikasi untuk mendaftar secara online.

“Setelah mendaftar akan teregistrasi dari pusat da mendapat nomor kupon. Tugas Kabupaten Cianjur dan dinas mengedintifikasi semua Puskemas dan rumah sakit yang menjadi tempat pelayanan termasuk SDM semua di data jadi hanya mendata nakes (tenaga kesehatan). Untuk warga penerima itu urusannya dari pusat,” pungkasnya.(hyt)

0 Komentar