Paguyuban Pasundan Cianjur Bentuk Jaga Bala Rescue

Paguyuban Pasundan Cianjur Bentuk Jaga Bala Rescue
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Cianjur, membentuk Jaga Bala Rescue untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur dalam melakukan evakuasi dan pertolongan lainnya.
Ketua Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Cianjur, Yayan Solihin Permana mengatakan, para anggota yang bergabung di lembaga tersebut telah mengikuti pembinaan dan pelatihan. Tujuannya agar para anggotanya mampu terlibat dalam semua kegiatan operasi SAR. Serta menjadi penggiat di alam terbuka dan pelestariaan lingkungan hidup.
Baca Juga: Waspadai La Nina, BPBD Cianjur Minta Retana Segera Laporkan Tanda-tanda Bencana
“Lahirnya Jaga Bala adalah jawaban, sekaligus respon dan kepedulian kami terhadap kondisi yang ada. kendati lembaga ini belum lama berdiri, namun kiprahnya sudah diapresiasi oleh banyak pihak, termasuk BPBD,” ungkapnya, Minggu (1/11).
Tidak hanya itu, Jaga Bala Rescue juga berfungsi sebagai sarana pendidikan dan pembentukkan karakter. Khususnya karakter peserta didik mengingat leading sector atau sektor potensial yang dapat berperan sebagai penggerak adalah sekolahan Pasundan yang ada di Kabupaten Cianjur, termasuk para alumninya.
Menurutnya, Kabupaten Cianjur bersama Garut dan Sukabumi merupakan daerah yang indeks kebencanaannya paling tinggi di Jawa Barat. Pembentukan Jaga Bala adalah respon terhadap kondisi yang terjadi agar kehadiran Paguyuban Pasundan bermanfaat dan bermakna.
“Maka hadirnya tenaga-tenaga relawan tanggap bencana akan sangat membantu dalam upaya penanganan bencana yang terjadi,” ujar Yayan.
“Melihat fenomena alam yang terjadi saat ini, nampaknya bencana banjir, longsor dan pergeseran tanah masih akan terus terjadi di berbabagi wilayah di Kabupaten Cianjur ini. Dan kami siap menerjunkan Relawan Jaga Bala ke lokasi-lokasi terjadinya bencana tersebut,” imbuhnya.(adv/job3/sri)

0 Komentar