Hati-hati Jalur Puncak Rawan Longsor

Hati-hati Jalur Puncak Rawan Longsor
Ilustrasi (internet)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Wisatawan yang ingin berlibur ke Kabupaten Cianjur perlu mewaspadai 4 titik rawan longsor. Hal ini dikarenakan curah hujan yang terus menguyur akhir-akhir ini.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menyebutkan, salah satunya wilayah puncak yang seringkali dilalui para wisatawan.
Informasi yang diterima, 4 titik rawan longsor tersebut berada di kawasan Segar Alam (dekat Hotel Puncak Pass), Ciloto, Lembah Koi, dan Cibereum.
“Tempat paling rawan di Segar Alam dan Lembah Koi. Bahkan belum lama ini juga terjadi jalan ambles cukup parah, hingga membutuhkan penanganan selama beberapa bulan,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Dedi Supriadi, Kamis (29/10/2020).
Menurutnya, pemerintah sudah melakukan penanganan untuk titik rawan longsor tersebut. Namun kondisi hujan deras yang mengguyur belakangan ini membuat potensi terjadinya longsor tetap ada.
“Seperti di Segar Alam, itu sudah ditangani dengan penembokan dan tebingannya. Tapi tetap saja potensi longsor itu ada,” kata dia.
Oleh karena itu, lanjut Dedi, wisatawan yang berlibur ke Cianjur di momen libur panjang ini diimbau untuk tetap waspada, apalagi jika turun hujan lebat.
“Tetap waspada saja, terlebih saat melintas di titik rawan longsor tersebut,” ucapnya.
Selain itu, pihaknya juga menyiagakan tim relawan dan BPBD untuk memantau lokasi tersebut. Bahkan alat berat juga standby apabila terjadi longsor.
“Petugas siaga 24 jam, dua alat berat juga disiapkan. Tapi diharapkan tidak terjadi longsor di momen libur panjang ini,” pungkasnya.(bay/**)

0 Komentar