400 Rumah Terendam Warga Cianjur Selatan Ngungsi ke Aula Desa

400 Rumah Terendam Warga Cianjur Selatan Ngungsi ke Aula Desa
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Puluhan kepala keluarga diungsikan ke aula kantor Desa Jayagiri akibat meluapnya sungai Ciwaduk atau Cimahi-Garogol, Minggu (25/10/2020) malam.
Informasi yang dihimpun, sedikitnya sudah 400 rumah terendam sejak derasnya hujan yang mengguyur deras sejak sore hari di tiga kampung di Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur.
“Ada tiga kampung yang terdampak banjir yakni Kampung Cimahi, Kampung Cimahi, Garogol, dan Nyalindung. Total sekitar 400 rumah yang terendam, dengan ketinggian air 75 centimeter,” ujar Kepala Desa Jayagiri Endang Solehuddin saat dihubungi via telepon seluler, Minggu (25/10/2020) malam.
Selain merendam rumah, banjir juga menggenangi ruas jalan Cianjur selatan. “Jalan raya juga terendam, tetapi hanya sepanjang 500 meter,” kata dia.
Menurutnya, banjir bukan hanya disebabkan hujan deras, tetapi juga diakibatkan penyempitan Sungai Ciwaduk karena adanya peninggian jalan nasional.
“Lebar sungai kini hanya 10 meter dan kedalamannya tiga meter. Sampai saat ini tidak ada pengerukan sehingga air mudah meluap. Selain itu, tidak ada gorong-gorong di sekitar kampung tersebut,” ucapnya.
Sementara Camat Sindangabarang Djoko Purnomo, mengatakan meski banjir merendam raturan rumah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
Namun saat ini beberapa warga sudah mulai dilakukan evakuasi ke tenda darurat dan aula yang disiapkan di Kantor Desa Jayagiri.
“Tidak ada korban jiwa. Warga yang rumahnya terdampak cukup parah sudah diungsikan, untuk mengantisipasi jika terjadi banjir susulan, karena intensitas hujan cukup tinggi,” pungkasnya.(bay/**)

0 Komentar