Waspadai La Nina, BPBD Cianjur Minta Retana Segera Laporkan Tanda-tanda Bencana

Waspadai La Nina, BPBD Cianjur Minta Retana Segera Laporkan Tanda-tanda Bencana
Tampak Banjir yang merendam sejumlah desa di Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.(foto/ist)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, mengimbau warga untuk tetap waspada dalam menghadapi musim penghujan tetap di satu wilayah atau anomali iklim atau Badai La Nina.
Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengatakan, saat ini Kabupaten Cianjur sudah masuk siaga bencana anomali iklim atau biasa disebut perubahan cuaca dari musim panas ke musim hujan.
“Jadi, sekarang ini, Cianjur sudah masuk ke tahapan siaga bencana, dan puncaknya di prediksi pada bulan Desember nanti,” katanya melalui sambungan telepon, Minggu (18/10).
Irfan mengatakan, hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) semua wilayah di Kabupaten – Kota khususnya di Kabupaten Cianjur untuk tetap waspada.
Baca Juga: 216 Rumah Rusak, Ribuan Jiwa Terdampak Banjir di Leles dan Agrabinta Cianjur
“Anomali iklim atau yang biasa di sebut badai La Nina ini akan terjadi di satu wilayah, seperti hujan tetap terjadi di satu wilayah yang memang berpotensi bencana,” katanya.
Untuk mempersiapkan itu lanjut Irfan, pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan semua personil baik itu dari tingkat Kecamatan hingga tingkat desa.
“Persiapan tentunya kita sudah menyiapkan ribuan relawan tangguh bencana (retana) yang tersebar di semua desa bahkan tingkat Kampung standbay,” ungkapnya.
Ia mengatakan, yang dimaksud dengan anomali iklim atau sebutannya bencana La Lina ini dimana terjadi hujan tetap di satu wilayah yang dapat menimbulkan bencana seperti bencana banjir dan longsor.
Baca Juga: Sempat Rusak, BPBD Cianjur Sebut Alat Deteksi Dini Tsunami Sudah Berfungsi Lagi
“Saat ini memang terjadinya hujan tetap di beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur, salah satunya kemarin di Cianjur Selatan, dan kini di wilayah Cianjur Utara,” terangnya.
Irfan mengatakan, bahwa Cianjur ini memiliki daerah perbukitan. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bencana akan terjadi, namun perlu diketahui bahwa masyarakat tidak perlu panik.
“Saya imbau, warga tidak usah panik. Namun tetap harus waspada sekecil apapun harus segera di informasikan jika terjadi atau yang mengarah ke bencana. Baik itu retakan tanah, dan juga banjir,” katanya.

0 Komentar