Konsultasi Kesehatan Jiwa Bisa Via Telepon

Konsultasi Kesehatan Jiwa Bisa Via Telepon
llustrasi (net)
0 Komentar

 
Cianjurekspres.net – Setelah peluncuran Konsultasi Jiwa Online oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sudah ada 201 orang yang menggunakan aplikasi pemeriksaan kesehatan jiwa online tersebut. Peluncuran itu sebagai respons cepat akan permasalahan kejiwaan di tengah pandemi.
Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat, Elly Marliyani mengatakan, situasi tersebut semakin darurat dengan adanya peningkatan durasi penggunaan gawai selama pandemi pada orang tua dan anak.
“Masyarakat yang memerlukan konsultasi jiwa dapat menghubungi nomor 081221292020 via aplikasi pesan whatsapp atau mengakses link http//:tiny.cc/KJOL,” ujar Elly dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/10/2020).
Setelah menghubungi nomor dan mengakses link tersebut, lanjut Elly, masyarakat akan mendapat jawaban otomatis dan pilihan. Pertama adalah skrining pemeriksaan kesehatan jiwa dengan menyertakan link http://pemeriksaankeswarsj.jabarprov.go.id/.
Sementara opsi kedua adalah konsultasi langsung dengan psikolog/psikiater. Apabila ingin melakukan konsultasi masyarakat harus mendaftar sesuai instruksi KJOL.
“Nantinya, psikiater dan psikolog akan memberi solusi atau mengarahkan untuk pemecahan permasalahan kesehatan jiwanya” ucap Elly.
“Jika tidak ditemukan gejala gangguan kejiwaan, psikiater dan psikolog memberikan psikoterapi supportif untuk rnemberikan perbaikan mental mekanisme klien,” imbuhnya.
Jika ditemukan gejala gangguan kejiwaan, kata Elly, psikiater dan psikolog yang bertugas akan menyarankan klien berobat ke RSJ Jabar yang berada di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.
Selain KJOL, Pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan krisis center di RSJ Provinsi Jabar, Kabupaten Bandung Barat pada nomor 022- 27012 119 dan Grha Atma Bandung pada  nomor 022- 20509 119. Krisis center itu sebagai jawaban atas meningkatnya permasalahan kejiwaan di tengah pandemi Covid-19.(rls/**)

0 Komentar