Jabar Raih Penghargaan di Indonesia Awards

Jabar Raih Penghargaan di Indonesia Awards
(Foto: Rizal/Humas Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat penghargaan kategori “Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” dalam ajang Indonesia Awards 2020. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil secara langsung menerima trofi tersebut.
Emil (sapaan Ridwan Kamil) menyebut, Jawa Barat memiliki potensi kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang ekonomi kreatif. Pariwisata juga mampu mengangkat ekonomi lokal sehingga jumlah masyarakat di Jawa Barat Selatan yang mengadu nasib bekerja di luar negeri berkurang secara signifikan. Selain itu, Jawa Barat mampu menyumbang sepertiga ekspor ekonomi kreatif nasional.
“Karena memang tanahnya indah, orangnya kreatif. Sepertiga ekspor ekonomi kreatif Indonesia datang dari Jawa Barat. Jadi, kunci pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus kita kembangkan karena tanah Jawa Barat diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum,” tutur Emil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/10/2020).
Ia menegaskan, pihaknya akan terus mendorong sektor pariwisata di Jabar, termasuk di masa pandemi global Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan.
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik Kurrohman menambahkan, pihaknya memiliki tiga langkah atau fase sebagai terobosan pariwisata di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan dengan kolaborasi Pentahelix.
“Terobosan di masa pandemi, selain ada tanggap darurat, emergency kesehatan, kami juga punya target Juni sampai Desember ini pemulihan pariwisata. Kemudian di Januari (2021) akan coba melakukan normalisasi,” kata Dedi.
Selain itu, lanjut Dedi, pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Jabar, di antaranya dengan membentuk Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jabar, membangun Creative Center di kabupaten/kota se-Jabar, serta mengembangkan destinasi pariwisata Tipe 1 dan destinasi wisata Tipe 2.
“Tipe 2 seperti Kali Malang (Bekasi) dan Waduk Darma (Kuningan),” ujar Dedi.(rls/**)

0 Komentar