1,9 Juta RTS di Jabar Bakal Terima Bansos Tahap Tiga

1,9 Juta RTS di Jabar Bakal Terima Bansos Tahap Tiga
Petugas pos dan ojek online (ojol) untuk menyalurkan bansos dari Pemerintah Provinsi Jabar kepada Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Kota Bandung di Kantor Sentral Pengolahan Pos (SPP) Bandung, Kota Bandung, Minggu (19/4/2020). (Foto: Rizal/Humas Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang menyiapkan bantuan sosial (bansos) tahap tiga. Dari hasil pendataan Dinas Sosial Jawa Barat ada 1,9 juta rumah tangga sasaran yang akan mendapatkan bansos. Angka ini meningkat dari jumlah penyaluran sebelumnya.
“Sekarang angkanya di 1,9 juta jadi ini cukup meningkat juga dari tahap dua yang mencapai 1,4 juta,” kata Kepala Dinas Sosial Jabar, Dodo Suhendar, Kamis (10/9) dilansir dari Jabarekspres.com (Grup Cianjurekspres.net).
Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Melalui 8 Key Issues
Saat ini, lanjut Dodo, data penerima bantuan ini sudah diserahkan kepada sekretariat Provinsi Jawa Barat untuk dibuatkan SK penetapannya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Terkait jenis bantuan yang akan diberikan pada penyaluran tahap tiga ini, Dodo menerangkan jika saat ini sedang dibahas.
“Karena ini meningkat jumlahnya, tentu kita juga menunggu kebijakan tentang jenis bantuan dan nilainya. Dalam Pergub untuk pertama besar bantuan itu kan Rp 500 ribu per-KK. Terdiri dari Rp 150 ribu uang cash, dan Rp 350 ribu sembako. Nah di tahap tiga ini kami menunggu besarannya itu sama Rp 500 ribu, atau ada perubahan bisa nilainya atau bentuknya,” jelasnya.
Dodo juga menjelaskan, semua penyediaan bantuan ini sudah dikoordinasikan dengan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK). Untuk waktu penyalurannya bantuan ini masih menunggu penetapan dari gubernur dan juga penetapan jenis bantuannya.
“Mudah-mudahan di September ini tahap ketiga bisa dilaksanakan. Cuma waktunya belum bisa saya pastikan karena ini juga menunggu hasil dari kebijakan dari pimpinan karena kalau ada perubahan pasti pergubnya ada perubahan,” tandasnya. (mg1/drx)

0 Komentar