Pemkab Cianjur Siapkan Lahan 25 Hektar untuk TPAS

Pemkab Cianjur Siapkan Lahan 25 Hektar untuk TPAS
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemkab Cianjur akan segera menuntaskan pembelian lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di wilayah Kecamatan Cikalongkulon. Targetnya 25 hektar lahan akan disiapkan sebagai pengganti TPAS Pasir Sembung.
“Sudah bukan rencana lagi karena kan Pasir Sembung sudah overload ya, tapi kita sekarang lagi proses. Yang dibutuhkan untuk menjadi TPAS itu kurang lebih 25 hektar, ya kalau bisa lebih besar dari Pasir Sembung,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (8/9).
Ia mengungkapkan, TPAS Pasir Sembung saat ini kondisinya sudah semakin menggunung. Sudah berbagai cara dilakukan agar mengurangi gunungan sampah tersebut agar tidak menumpuk.
Baca Juga: Kok Bisa KPM Tak Terima Saldo?
“Saat ini kami (DLH) Kabupaten Cianjur melakukan pengerukan sampah dan sampah tersebut menjadi alas atau jalan,” ungkapnya.
Ia menjelaskan, cara yang dilakukan pertama sisa lahan di TPSA Pasir Sembung diberikan alas terlebih dahulu dengan terpal, lalu diberikan ban bekas dan ditumpukan sampah di atasnya.
“Gunungan sampah sedikitnya tidak menjulang, memang yang jadi pokok permasalahan bukanlah gunungannya tapi pengurangan sampahnya. Tapi kita sudah upayakan dengan membangun TPS3R di setiap kecamatan dan pengelolaannya dikembalikan kepada masyarakat,” jelasnya.
Ia menuturkan, pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) tersebut bukan sebagai penampung sampah, akan tetapi menjadi tempat perecah sampah lalu dibawa ke TPSA. Sehingga tidak menjadi penumpukan sampah.
“Kan sudah ada TPS3R, di sana sampah diolah dulu dipisah-pisah dari sampah organik dan non organik. Kalau organik bisa dijadikan pupuk serta lainnya dengan mesin yang ada dan kalau non organik itu diperkecil ukurannya jadi direcah,” tuturnya. (job3/sri)

0 Komentar