Hari Ini Bank Indonesia Luncurkan Uang Nominal 75 Ribu

Hari Ini Bank Indonesia Luncurkan Uang Nominal 75 Ribu
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Memeriahkan HUT RI Ke-75 Bank Indonesia akan meluncurkan uang dengan nominal Rp.75.000. Peluncuran akan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB melalui aplikasi streaming resmi Bank Indonesia.
Peluncuran uang peringatan atau commemorative money ini dikeluarkan secara khusus untuk tujuan tertentu atau untuk memperingati suatu peristiwa yang berskala nasional atau internasional.
“Uang ini biasanya dikeluarkan untuk peringatan HUT Kemerdekaan, peristiwa sejarah nasional, atau peringatan olahraga skala internasional yang diselenggarakan di Indonesia,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/8/2020).
Uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI akan dikeluarkan, diedarkan, dan mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah tepat pada hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020.
“Tema besar desain uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI adalah mensyukuri Kemerdekaan, memperteguh Kebinekaan, dan menyongsong Masa Depan Gemilang,” ujarnya.
Uang peringatan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, termasuk uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI diatur dalam ketentuan meliputi UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.
PBI No.21/10/PBI/2019 tentang Pengelolaan Uang Rupiah (a.l. Pasal 2, Pasal 11). Keppres No.13 Tahun 2020 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(rls/**)

0 Komentar