KKJ Fasilitasi Pengembangan Potensi UMKM

KKJ Fasilitasi Pengembangan Potensi UMKM
ilustrasi internet
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat kembali melaksanakan Karya Kreatif Jawa Barat 2020. Hal ini sejalan dengan tugas Bank Indonesia dalam memelihara kestabilan harga melalui pengembangan ekonomi dan advisor kebijakan kepada pemerintah daerah.
Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Barat, Herawanto menyebut, Bank Indonesia Jawa Barat secara aktif mengembangkan program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), salah satunya UMKM yang berada di sektor ekonomi kreatif (Ekraf).
“Jawa Barat sebagai provinsi dengan  jumlah unit usaha Ekraf terbesar di Indonesia, menjadi potensi yang dapat terus dikembangkan. Didukung oleh berkah keindahan alam yang mempesona dan penduduk yang kaya akan kreativitas, serta sektor industri pengolahan dan perdagangan sebagai sektor utama, Ekraf Jawa Barat mampu menjadi salah satu pendorong percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi, tidak hanya bagi perekonomian Jawa Barat, tapi juga nasional,” ujar Herawanto dalam sambutannya, Selasa (11/8/2020).
Dalam mewujudkan upaya tersebut, tentunya diperlukan sinergi dan koordinasi antara berbagai pihak yang terkait. Salah satu wujud nyata sinergi pemerintah, Bank Indonesia dan institusi terkait di Jawa Barat dalam upaya mendukung Ekraf Jawa Barat adalah melalui penyelenggaraan event KKJ.
KKJ merupakan event nasional tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama dan sinergi dari Pemerintah Provinsi, Bank Indonesia Jawa Barat, Dewan Kerajinan Nasional dan Daerah (Dekranasda) Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan dan Perbankan.
KKJ menampilkan pameran produk dan karya UMKM unggulan dan terpilih dari Jawa Barat untuk Indonesia,  mengingat produk-produk unggulan Jawa Barat diproduksi dalam rangkaian proses-proses yang didukung serta dipasarkan di daerah lain di Indonesia.
“Dengan demikian,  perkembangan Ekraf Jawa Barat yang memiliki sumberdaya manusia serta sarana dan prasarana yang unggul, dapat memberikan kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.
KKJ merupakan upaya memperkenalkan dan mempromosikan pesona Jawa Barat dan produk kreatif premium dari UMKM terseleksi di Jawa Barat, serta upaya mendukung peningkatan ekspor Ekraf Jawa Barat.
“KKJ juga merupakan ajang untuk melakukan kurasi terhadap UMKM Jawa Barat yang akan mengikuti Event Nasional Karya Kreatif Indonesia (KKI). KKI sendiri merupakan Pameran dari seluruh Karya UMKM Unggulan dari seluruh Nusantara,” imbuhnya.

0 Komentar