Kini Bayar Parkir Bisa Menggunakan QRIS

Kini Bayar Parkir Bisa Menggunakan QRIS
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Dalam sistem pembayarannya, Kota Sukabumi sudah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Terutama dalam transaksi pembayaran retribusi uji KIR.
Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Barat, Herawanto menyebut, pembayaran retribusi parkir di Kota Sukabumi dan retribusi di area terminal bus di wilayah Sukabumi, menjadi salah satu cara memperluas penggunaan QRIS.
“Jadi Pemkot Sukabumi bekerja sama dengan salah satu perbankan menggunakan QRIS yang dikombinasikan dengan sistem layanan keliling (Mobile Point Of Sales – MPOS), didukung dengan smart card yang sekaligus dapat digunakan untuk memonitor kendaraan apakah telah membayar retribusi KIR atau belum,” ujar Herawanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/7/2020).
Ia menyebut, yang dilakukan oleh pemerintah Sukabumi sejalan dengan upaya untuk mendukung kelancaran sistem pembayaran nasional selama pandemi dan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal.
Salah satunya dengan mendorong transaksi non tunai melalui media digital antara lain dengan pemanfaatan kanal QRIS yang sekaligus menjadi bagian dari implementasi Blue Print Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang akan mengorkestrasi sistem pembayaran di era digital.
“Tahun ini, implementasi QRIS akan difokuskan di 3 sektor yaitu transportasi publik, fasilitas kesehatan (rumah sakit dan apotik) , dan wisata edukasi (museum dan taman hutan raya),” tutupnya.(rls/**)

0 Komentar