Jika Cianjur Selatan Jadi DOB, Ini Lokasi Calon Ibu Kotanya!

Jika Cianjur Selatan Jadi DOB, Ini Lokasi Calon Ibu Kotanya!
0 Komentar

Cianjurekspres.net Kecamatan Sindangbarang prioritas utama calon ibu kota jika wilayah Cianjur Selatan dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Lokasinya bahkan sudah ditentukan di Desa Mekarlaksana.

“Hasil pemetaan ada dua opsi, tapi yang kita prioritaskan opsi pertama di Sindangbarang posisinya di Desa Mekarlaksana. Kalaupun ada opsi lain, kemungkinan di Cibinong,” ujar Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Cianjur, Asep Sopyan kepada cianjurekspres.net, Jumat (26/6/2020).

Asep menjelaskan, Kecamatan Sindangbarang menjadi prioritas utama calon ibu kota Cianjur Selatan setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak berdasarkan pemetaan sekaligus pertimbangan serta pendekatan kebijakan pusat dan provinsi.

Baca Juga:Jelang Hari Jadi, Cianjur Dapat Kado WTP dari BPKTren Baru Peredaran Narkoba, BNN Cianjur Awasi Jalur Laut

“Kalau posisi (ibu kota) di Sindangbarang mendekatkan kebijakan pusat pertumbuhan nasional, salah satunya untuk wilayah Jabar Selatan sekitar Rancabuaya (Garut),” katanya.

Sedangkan dari sisi kebijakan Provinsi Jawa Barat, ungkap Asep, dalam program Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pengembangan Jabar Selatan Agrowisata di Bandung Selatan ke arah Kecamatan Cikadu (Cianjur).

“Sekarang akses jalan sedang dibangun jalan provinsi, jadi kita nanti akses ke provinsi juga lebih dekat,” tandasnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, dari aspek mitigasi bencana dan potensi aset pemerintah memiliki tanah yang relatif luas tidak terlalu sulit untuk proses pengembangannya.

“Kemarin referensi dari hasil berbagai diskusi relatif sangat memungkinkan di Sindangbarang,” pungkasnya.(Herry Febriyanto)

0 Komentar