Uu: Masjid Agung Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Uu: Masjid Agung Wajib Terapkan Protokol Kesehatan
(Foto: Humas Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Jelang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyebut dari 15 daerah di Jawa Barat, Kota Tasikmalaya ditetapkan sebagai Zona Biru (Level 2) oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar.
Salah satu lokasi yang ia tinjau salah satunya, Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Nantinya, Pemerintah Kota Tasikmalaya harus lebih dulu mencabut status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat mengajukan surat permohonan AKB kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).
“Bagi jamaah, mereka wajib memakai masker, menaati protokol kesehatan, menghindari kontak fisik, menjaga jarak minimal 1 meter dan tidak berdiam lama di masjid. Sementara anak-anak dan lanjut usia tidak perkenankan ke masjid karena memiliki risiko tinggi tertular di tengah pandemi Covid-19 ini,” ucap Uu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/6/2020).
Menurut Uu, secara umum Masjid Agung Kota Tasikmalaya sudah mematuhi aturan pemerintah pusat maupun provinsi. Dalam agenda tersebut, dirinya pun turut memasang salah satu penanda jarak di tempat salat laki-laki.
“Syarat (beradaptasi agar tetap aman dan produktif) ada tiga, yakni pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Setelah saya lihat (Masjid Agung Kota Tasikmalaya), alhamdulillah ada ketaatan dalam melaksanakan hal seperti itu,” tambahnya.
Uu yang juga Panglima Santri Jabar ini pun mengajak warga khususnya umat Muslim untuk tidak hanya melakukan ikhtiar dhohir atau duniawi, tapi juga ikhtiar batin.
“Terus berdoa, meningkatkan iman dan takwa, dan membaca sholawat harus dilakukan,” tuturnya.
Uu menambahkan, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar memiliki tiga benteng pertahanan dalam penerapan AKB. Pertama, masyarakat harus menguatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kedua, terus melaksanakan tes di berbagai daerah, termasuk Kota Tasikmalaya.
“Ketiga, kecepatan dalam menangani masalah (COVID-19) sehingga tidak menyebar ke mana-mana. (Tiga benteng) itu, menurut Wali Kota, di Kota Tasikmalaya sudah dilakukan,” kata Kang Uu.
Selain meninjau Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Kang Uu turut mengecek kesiapan pusat perbelanjaan Mall Asia Plaza. Di sana, Kang Uu menyaksikan sekaligus mematuhi beberapa protokol kesehatan bagi pengunjung seperti cuci tangan dan dicek suhu tubuh.(rls/**)

0 Komentar