Jabar Punya 11 Laboratorium Tes Covid-19

Jabar Punya 11 Laboratorium Tes Covid-19
(fFoto: Humas Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meningkatkan kapasitas pengetesan dengan menyiapkan laboratorium jejaring. Terdapat 11 laboratorium, yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa Barat, tengah dipersiapkan untuk menjadi tempat pengetesan dengan metode PCR.
Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar), Berli Hamdani sebelumnya menyebutkan, ada 8 laboratorium yang ditunjuk Pemda Provinsi Jabar untuk melakukan pemeriksaan PCR, yakni Unpad Jatinangor, RSHS, RSUI, Labkesda Kota Bekasi, Labkesda Kabupaten Bekasi, IPB, VET Subang, dan BBTKL Jakarta.
“Sekarang ke-11 laboratorium tersebut yaitu LIPI, BB Vet Bogor, RS Cibinong, Citra Arafik, RS Hewan Cikole, Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, RSUD Pelabuhanratu, RS Waled, Al-Ihsan yang bekerja sama dengan Unisba, Poltekes, dan RSP Kerawang,” ujar Berli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).
Saat ini pelaksanaan visitasi kelayakan dan kesiapan ke-11 laboratorium satelit tersebut, serta keluarnya rekomendasi operasional ke Litbangkes Kemenkes. Serta menyiapkan Reagensia PCR-reagensia ekstraksi-VTM-swab sticks.
“Kesiapan laboratorium akan membuat tes dengan metode berjalan optimal. Tes swab sendiri dilakukan untuk menerapkan intervensi yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan, menyeimbangkan pengendalian pandemi kesehatan dengan kebutuhan hidup dasar masyarakat Jabar yang menjalani PSBB,” tutupnya.(rls/**)

0 Komentar