Tes Swab Mulai Dilakukan Besok, Ini Daerah Yang Diprioritaskan

Tes Swab Mulai Dilakukan Besok, Ini Daerah Yang Diprioritaskan
(fFoto: Humas Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Sebanyak 15.500 alat tes swab didistribusikan ke Bodebek dan Bandung Raya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menargetkan dalam sepekan hasilnya sudah terlihat.
Wakil Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Siska Gerfianti mengatakan, waktu pelaksanaan tes swab di setiap daerah berbeda-beda.
“Untuk di Kota Bandung sendiri tes swab untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), tenaga kesehatan, dan warga yang rawan terpapar Covid akan dilaksanakan Senin (11/5/2020) dan Selasa (12/5/2020),” ujar Siska dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/5/2020).
Siska mengatakan, tes swab akan difokuskan juga di daerah-daerah yang menunjukkan peningkatkan kasus Covid-19, yakni Kabupaten Kuningan, Karawang, Ciamis, Cianjur, Sumedang, dan Kota Sukabumi. Salah satu faktor penyebab peningkatan kasus di enam daerah tersebut adalah mudik.
“Peningkatan kasus terjadi seperti di Kuningan, karena arus mudik yang sebulan lalu. Di Kuningan juga sudah ada hampir sebelas klaster, klaster kecamatan. Jadi, ada kenaikan kasus di sebelas kecamatan dan itu sedang dipantau oleh Dinkes Kabupaten Kuningan,” katanya.
Perihal laboratorium yan dipersiapkan selama proses swab dilakukan, pihaknya bersama Gugus Tugas telah menyiapkan 6 laboratorium yakni Unpad Jatinangor, RSUI, Labkesda Kota Bekasi, Labkesda Kabupaten Bekasi, IPB, dan BBTKL Jakarta.
“Tujuannya agar pemeriksaan PCR tidak menumpuk di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jabar,” tutupnya.(rls/**)

0 Komentar