Bunga Bangkai di Cibodas Mekar Sempurna

Bunga Bangkai di Cibodas Mekar Sempurna
ilustrasi (net)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Bunga amorphophallus titanium atau bunga bangkai, mulai mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas Cianjur, Jawa Barat, Minggu (3/5/2020), setelah terakhir mekar di tahun 2017.
Bunga yang dikoleksi oleh R. Subekti Purwantoro asal Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat Sumatera Barat tersebut telah diambil umbinya untuk ditanam di Kebun Raya Cibodas sejak tahun 2000 dan pertama kali mekar di tahun 2003.
Peneliti Kebun Raya Cibodas, Destri menyebut, bunga bangkai koleksi keenam tersebut tengah mekar sempurna tersebut memiliki tinggi 352 centimeter dan 166 centimeter untuk diameter diaternya.
“Warna spadiks-nya kuning dengan sedikit bersemburat ungu dan hijau di beberapa bagian, serta ppatha-nya berwarna merah hati menambah cantik bunga tersebut,” ujar Destri kepada wartawan, Minggu (3/5/2020).
Menurut Destri, mekarnya bunga kali ini memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dengan peristiwa mekar bunga pada individu yang lain ataupun pada individu yang sama. Momen mekar bunga kali ini, individu berbunga tanpa  melewati masa dorman.
“Sebelum daun terakhir benar-benar habis membusuk, langsung muncul tunas bunga pada awal tahun ini. Sayang sekali disaat mekar pengunjung tidak bisa berkunjung, sehingga hanya bisa menikmati visualnya di media sosial resmi Kebun Raya Cibodas,” bebernya.
Kondisi Pandemi Covid-19 membuat destinasi wisata Kebun Raya Cibodas ditutup total, sehingga wisatawan kembali tak bisa menikmati momen langka mekarnya bunga tersebut.(Ikbal Slamet/**)

0 Komentar