Industri yang Beroperasi Selama PSBB, Diminta Tes Masif Karyawan

Industri yang Beroperasi Selama PSBB, Diminta Tes Masif Karyawan
Foto: Humas Jabar
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta industri yang tetap beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Bodebek dan Bandung Raya untuk menggelar tes masif kepada karyawannya sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
“Kita berusaha tentunya dengan bupati dan wali kota untuk menerapkan hal itu. Karena tes, paling tidak rapid test, di perusahaan sangat penting,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad belum lama ini.
Daud mengatakan, Pemprov Jabar mendorong pemerintah pusat memberikan insentif kepada industri supaya menggelar tes masif di tempatnya masing-masing.
“Jangan sampai sebuah perusahaan industri beroperasi, walau mendapat izin, dengan katakanlah ada 1000 karyawan, kalau misalnya ada 1 atau 2 orang positif ini dampaknya bisa menularkan kepada yang lain,” ucapnya.
Sejauh ini, kata Daud, belum ada instruksi bagi industri untuk menyiapkan ruang isolasi manakala ada karyawannya yang positif Covid-19. “Yang jelas kalau ada salah satu karyawan terkena Covid-19, ini akan dilayani protokol kesehatan,” katanya.
Terkait soal gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR), Daud meminta industri maupun perusahaan berunding dengan karyawan.
“Mengenai gaji, tidak hanya yang terkena, kita kembalikan perundingan dengan perusahaan. Kebijakan dari pusat, THR harus dibayarkan walau bisa dicicil. Industri yang tutup, kita sementara ini, kembalikan untuk berunding perusahaan dengan pekerjanya,” ucapnya.(rls/*)

0 Komentar